Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap merupakan tulisan yang bakal kita bahas saat ini. Silahkan baca informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melakukan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita akan mengulas mengenai mikroskop dengan detail. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Nah yang bakal kita ulas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini sobat tidak tahu walaupun sering memakainya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman Anda, nanti saya juga bakal memberikan satu gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama sampai penutup.

Okay yang nomor 1 yang akan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sahabat sudah paham apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti banyak dari sobat sudah paham. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang bisa menolong kita mengamati objek-objek berukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita amati secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin mengamati susunan batang suatu tumbuhan, nah Anda tidak bisa mengamati dengan jelas hanya mempergunakan mata telanjang saja, sobat membutuhkan suatu alat namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Saya bakal membahas dengan detail pada bagian tengah post nanti so, monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika sahabat yang belum mengetahui bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, Anda bisa memerhatikan gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Baik, jika sahabat kepo dan ingin paham secara jauh lebih spesifik, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati objek, sebelumnya kamu sangat di rekomendasikan untuk menambahkan minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mensetting intensitas cahaya yang masuk. Kegunaannya sama dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mensetting perbesaran benda objektif yang sahabat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat serta menurunkan tabung dengan lambat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sobat inginkan.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan diamati. Terdapat dua penjepit untuk menghimpit preparat supaya tidak bergeser ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop ketika mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering sahabat jumpai dan Anda pakai saat praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk bisa dioperasikan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat Anda mengerjakan penelitian sedikit sekali cahaya, maka sahabat akan kesusahan untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas dikarenakan cahaya memiliki peran amat penting dalam keadaan ini. Untuk gambarnya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini dengan gampang kita temukan di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk dipakai melihat benda yang cukup tipis. Gambar mikroskop satu lensa sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah objek yang tengah dilihat dengan mikroskop ini. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika Anda ingin tahu lebih spesifik tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, maka silahkan kamu simak video berikut.




Nah itu dia tulisan dari aku tentang Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Olympus Cx31 Terlengkap"

Post a Comment