Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap merupakan tulisan yang akan kamu pelajari kali ini. Silahkan baca artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal benda yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah pada artikel ini kita akan mempelajari tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita ulas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, tetapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini Anda belum mengerti walaupun sering memakainya.

Untuk memperdalam pengetahuan kamu, nanti aku juga akan menambahkan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal sampai penutup.

Okay yang nomor 1 yang bakalan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari kamu sudah paham pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti banyak dari sobat sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap


Mikroksop ialah suatu benda yang bisa menolong kita melihat objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat secara langsung dengan mata.


Contoh singkatnya apabila sobat ingin mengamati susunan batang sebuah tanaman, nah sobat mustahil dapat mengamati secara jelas hanya mempergunakan mata secara langsung saja, Anda harus memakai sebuah alat yaitu mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Aku akan menjabarkannya dengan jauh complicated lagi pada bagian tengah postingan nanti jadi silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika sobat yang belum mengetahui bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat bisa memerhatikan gambar yang telah saya siapkan.

Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Ok jika Anda penasaran dan ingin mengetahui secara lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya sahabat sangat di rekomendasikan untuk memberi minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya dibenda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting fokus dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur fokus dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Meja benda, berguna untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada dua penjepit untuk menghimpit preparat supaya tidak bergeser saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku ulas disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya dan jumlah lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sobat temui dan kamu pakai ketika melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk dapat digunakan.


Jika suatu ruangan tempat sahabat mengerjakan pengamatan sangat minim cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa mengamati benda bayangan dengan jelas karena cahaya berperan amat penting dalam hal ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai hasil inovasi dari mikroskop cahaya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop jenis ini memakai 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop monokuler ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tidak bisa dipakai mengamati benda yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang telah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan detail dari sebuah objek yang sedang diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat cocok untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sobat ingin tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijelaskan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sahabat tonton video berikut.




Nah itu dia artikel dari aku tentang Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Olympus Terlengkap"

Post a Comment