Pengertian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Pada Mikroskop Cahaya Terlengkap merupakan artikel yang bakal sobat pelajari saat ini. Silahkan baca artikel lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melaksanakan praktek-praktek, terutama praktek biologi.

Nah pada tulisan ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop dengan detail. Yang akan kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tetapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sahabat belum mengerti meskipun sering memakainya.

Untuk memperdalam pengetahuan kamu, nanti aku juga bakal mencantumkan 1 gambar mikroskop dan juga penamaannya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama hingga akhir. Ok yang kesatu yang akan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sobat sudah mengetahui pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti lebih dari 80% sudah tahu. Silahkan simak pengertiannya.

Pengertian Mikroskop

Mikroksop ialah suatu benda yang bisa membantu kita melihat objek-objek berukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat secara langsung dengan mata.
Contoh sederhananya apabila sobat ingin melihat struktur akar suatu tanaman, nah kamu tidak dapat dapat melihat secara detail cuma dengan mata telanjang saja, kamu membutuhkan suatu benda namanya mikroskop.

Ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan jenis-jenis lainnya. Saya akan menjabarkannya secara spesifik pada akhir post nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.

Gambar Bagian-Bagian Mikroskop


Jika Anda yang tidak mengerti nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, Anda dapat melihat gambar dibawah ini.
Pengertian Mikroskop dan Fungsinya
Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yaitu optik serta nonoptik. Ok jika Anda kepo dan ingin mengetahui dengan lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik
  • Lensa okuler, gunanya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat menempelkan mata Anda untuk mengamati objek.
  • Lensa objektif, memiliki fungsi untuk melakukan pembesaran bayangan benda atau objek. Untuk variasi angka perbesarannya sebagai berikut 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya sobat harus memberi minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.
  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.
  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya pada benda.
  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.
⏩ Bagian-Bagian Non-Optik
  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.
  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.
  • Revolver, fungsinya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang diinginkan.
  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang Anda mau.
  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat serta menurunkan tabung dengan lambat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.
  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk menempatkan preparat serta benda yang akan diamati. Ada 2 penjepit untuk menjepit preparat supaya tak bergeser ketika diamati.
  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.
Oke, itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sahabat pahami.

Jenis-Jenis Mikroskop

Untuk jenisnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan saya jelaskan disini pembagian yang sudah umum ya yaitu didasari cahaya dan banyaknya lensa. Berikut ulasannya.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya

#1. Mikroskop Cahaya
Nah inilah yang sering kamu temui dan Anda pergunakan ketika praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar bisa digunakan.

Jika didalam ruangan tempat sobat melakukan praktek kekurangan cahaya, maka kamu akan susah untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas sebelumnya yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.

#2. Mikroskop Elektron
Gambar Mikroskop Elektron

Mikroskop yang ini bisa dikatakan sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop elektron ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat detail dari mikroskop cahaya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa

#1. Mikroskop Monokuler

Seperti namanya, untuk mikroskop jenis ini mempergunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop jenis ini akan sangat easy untuk ditemui yaitu di lab-lab sekolah. Mikroskop satu lensa ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar sebelumnya tadi yang telah saya lengkapi dengan nama-nama bagiannya.
 
#2. Mikroskop Binokuler
Gambar Mikroskop Binokuler
 
Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat fokus dari sebuah benda yang tengah dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang benar untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sahabat ingin tahu lebih lengkap tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.

Cara Kerja Mikroskop

Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika diulas dengan kata-kata, untuk itu silahkan sobat tonton video berikut.

Sekian tulisan dari aku yang berjudul Bagian Bagian Pada Mikroskop Cahaya Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit artikel saya yang lain.

0 Response to "Pengertian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment