Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap merupakan artikel yang bakal sobat cari tahu saat ini. Silahkan simak artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu benda yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita bakalan belajar mengenai mikroskop dengan detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai detik ini sobat belum mengetahui walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk memperjelas pemahaman kamu, nanti saya juga akan memberikan 1 gambar mikroskop beserta nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak post ini dari pertama hingga akhir.

Okay yang kesatu yang akan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari sobat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, aku percaya pasti kebanyakan sudah paham. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah suatu alat yang dapat menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat kedua mata kita.


Contoh sederhananya jika kita ingin melihat struktur batang suatu tumbuhan, nah kamu tidak mungkin dapat melihat dengan spesifik jika cuman memakai mata secara langsung saja, kamu harus menggunakan sebuah alat yakni mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta lainnya. Saya akan membahas secara jauh complicated lagi pada akhir tulisan nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang tidak tahu nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, Anda dapat memerhatikan image berikut.

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika sobat penasaran dan ingin tahu secara jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata Anda untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang mempunyai kegunaan untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya Anda harus mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mensetting intensitas cahaya yang masuk. Kegunaannya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk mensetting perbesaran benda objektif yang Anda mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur pusat dari gambaran benda yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat serta menurunkan tabung secara lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sobat inginkan.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menjepit preparat supaya tidak bergeser ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika mau diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan saya ulas disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering sobat temui dan Anda pergunakan saat melakukan pengamatan di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat dipergunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat sahabat mengadakan praktek kurang cahaya, maka Anda kesulitan untuk dapat melihat benda bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam hal ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat detail daripada mikroskop sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini menggunakan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop jenis ini banyak kita jumpai di lab-lab sekolah. mikroskop satu lensa ini hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk digunakan melihat benda yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki dua lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat fokus dari sebuah benda yang tengah dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini sangat benar untuk digunakan karena gambar objek yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sobat ingin tahu lebih banyak mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita ulas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sahabat tonton video berikut.




Itu tadi artikel dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment