Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap merupakan tulisan yang bakal kita ulas kali ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita ketika menjalankan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah di tulisan ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop dengan spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita ulas tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tetapi kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini Anda belum paham walaupun sering mempergunakannya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan kamu, nanti aku juga akan memberikan sebuah gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal hingga akhir.

Oke yang kesatu yang bakalan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu apa sih mikroskop itu, aku yakin pasti kebanyakan sudah mengerti. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah benda yang dapat menolong kita melihat objek-objek dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata saja.


Contoh simpelnya jika kita mau melihat struktur akar suatu tumbuhan, nah kamu tidak mungkin dapat melihat dengan detail jika cuman menggunakan kedua bola mata sobat saja, kamu membutuhkan sebuah alat yaitu mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta lainnya. Aku bakal memaparkan secara spesifik pada akhir tulisan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang tahu bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa lihat image yang sudah saya sediakan.
Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Oke jika Anda penasaran dan ingin mengetahui dengan jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat menempelkan mata Anda untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang mempunyai fungsi untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati objek, sebelumnya sobat harus memberi minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna mensetting fokus dari gambaran objek yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk menaikkan serta menurunkan tabung dengan lambat guna mensetting fokus dari gambaran objek yang kamu mau.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penjepit untuk menghimpit preparat agar tidak bergeser saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika mau diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan aku jelaskan disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya dan banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda temui dan sahabat pergunakan ketika praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa dipergunakan.


Jika suatu ruangan tempat kamu mengerjakan praktikum tidak ada cahaya, maka sobat akan kesusahan untuk bisa melihat benda bayangan dengan jelas hal itu karena cahaya memiliki peranan yang teramat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini menggunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tak dapat digunakan melihat objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat detail dari suatu objek yang sedang dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler pilihan yang cocok untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan sangat fokus daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika kamu mau tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijelaskan dengan kata-kata, untuk itu silahkan kamu tonton video berikut.




Sekian tulisan dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Elektron Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment