Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap ialah artikel yang akan Anda cari tahu kali ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita ketika melaksanakan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah pada artikel ini kita akan belajar tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari tidak hanya sebatas apa itu mikroskop saja, tetapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini kamu belum tahu meskipun sering memakainya.

Untuk memperdalam pemahaman kamu, nanti aku juga bakal mencantumkan satu gambar mikroskop disertai penamaannya, jadi jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari awal sampai terakhir.

Okay yang nomor 1 yang bakalan kita ulas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sahabat sudah paham pengertian mikroskop itu, aku percaya pasti lebih dari 80% sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah benda yang dapat menolong kita melihat benda-benda dengan size} sangat kecil yang tidak bisa kita amati kedua mata kita.


Contoh sederhananya jika kita ingin mengamati struktur batang sebuah tumbuhan, nah sobat tidak mungkin bisa melihat dengan detail jika cuman dengan mata telanjang saja, sobat harus menggunakan suatu benda namanya mikroskop.


Terdapat berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Saya akan membahas secara jauh complicated lagi pada bagian tengah tulisan nanti jadi jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengerti bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, Anda bisa lihat image berikut.
Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika kamu kepo dan ingin tahu dengan jauh lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya Anda harus menambahkan minyak emersi ke objek terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Kegunaannya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya dibenda.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk mensetting perbesaran benda objektif yang Anda mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mengatur fokus dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat serta menurunkan tabung dengan lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Meja benda, berguna untuk tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penjepit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sudah umum ya yaitu didasari cahaya serta banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu jumpai dan sahabat pergunakan saat praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat dioperasikan.


Jika didalam ruangan tempat kamu melakukan praktikum tidak ada cahaya, maka Anda akan kesusahan untuk bisa mengamati benda bayangan secara jelas dikarenakan cahaya memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap


Mikroskop yang begini bisa disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop cahaya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop monokuler ini mempergunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop satu lensa ini sering kita temui di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk mengamati benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak bisa dipakai mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah benda yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat cocok untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sahabat ingin tahu lebih jelas lagi seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sobat tonton video berikut.




Sekian tulisan dari aku yang berjudul Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Terlengkap"

Post a Comment