Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap ialah tulisan yang bakal kita bahas pada kesempatan ini. Silahkan simak informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melakukan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah di artikel ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop secara spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari bukan cuma sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini sahabat belum mengetahui meskipun sering memakainya.

Untuk memperjelas pengetahuan Anda, nanti saya juga akan mencantumkan sebuah gambar mikroskop beserta nama-namanya, so, jangan lupa untuk menyimak postingan ini dari pertama hingga akhir.

Okay yang nomor 1 yang bakalan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui pengertian mikroskop itu, saya yakin pasti banyak dari sobat sudah mengetahuinya. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah suatu benda yang bisa menolong kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita amati hanya menggunakan mata saja.


Contoh sederhananya jika kita ingin melihat struktur batang suatu tanaman, nah Anda tidak mungkin bisa mengamati secara jelas jika cuman memakai mata secara langsung saja, kamu membutuhkan suatu alat yaitu mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta masih banyak lagi. Saya akan memaparkan secara spesifik pada akhir postingan nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengerti bagian-bagian yang ada di Mikroskop, Anda bisa melihat gambar berikut.
Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi dua, yaitu optik serta nonoptik. Ok jika Anda penasaran dan ingin mengetahui secara lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat meletakkan mata Anda untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati benda, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.

⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penjepit untuk menghimpit preparat agar tak bergeser ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, berguna untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin dipindahkan ke tempat lain.

Oke, itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku bahas disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering sahabat temui dan kamu pakai saat praktek di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar bisa dipergunakan.


Jika didalam ruangan tempat sahabat melakukan pengamatan sedikit sekali cahaya, maka kamu akan susah untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas hal itu karena cahaya berperan teramat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai buah inovasi dari mikroskop yang dulu tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat detail daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini menggunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini dengan gampang kita temukan di laboratorim sekolah. mikroskop satu lensa ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang simpel, tak dapat dipakai mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah objek yang sedang diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang tepat untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika kamu ingin tahu lebih jelas lagi tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijelaskan dalam bentuk kata-kata, maka silahkan kamu tonton video berikut.




Nah itu dia artikel dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment