Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap adalah artikel yang bakal sobat pelajari saat ini. Silahkan perhatikan artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita ketika melaksanakan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mengulas tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita cari tahu bukan cuma sebatas pengertiannya saja, tetapi kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini Anda belum paham walaupun sering mempergunakannya.

Untuk memperdalam pemahaman sobat, nanti aku juga akan memberikan satu gambar mikroskop beserta penamaannya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal hingga terakhir.

Okay yang pertama yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari sahabat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, saya yakin pasti hampir semua dari sobat sudah mengetahuinya. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap


Mikroksop ialah suatu benda yang bisa membantu kita melihat benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat kedua mata kita.


Contoh simpelnya apabila sobat ingin mengamati bagian-bagian akar suatu tumbuhan, nah sahabat tidak dapat mengamati secara jelas hanya dengan mata telanjang saja, Anda perlu suatu benda yaitu mikroskop.


Terdapat berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Saya akan menjelaskan secara detail pada bagian tengah postingan nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengetahui bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sobat bisa cek image berikut.
Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Ok jika Anda penasaran dan ingin mengetahui secara lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu meletakkan mata kamu untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya Anda perlu menambahkan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya dibenda.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang sobat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, fungsinya untuk tempat untuk menempatkan preparat dan benda yang akan diamati. Ada 2 penghimpit untuk menjepit preparat supaya tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku bahas disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya dan banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sahabat jumpai dan Anda gunakan ketika melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sahabat mengerjakan praktikum tidak ada cahaya, maka Anda kesulitan untuk dapat melihat objek bayangan secara jelas karena cahaya berperan teramat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas tadi yang sudah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap


mikroskop yang ini dapat disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun sangat detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih baik digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih dalam berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop jenis ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang sederhana, tidak memungkinkan untuk digunakan mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari sebuah objek yang tengah diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler pilihan yang benar untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika Anda mau tahu lebih spesifik seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita bahas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan sobat simak video dibawah ini.




Nah itu dia tulisan dari aku mengenai Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Monokuler Terlengkap"

Post a Comment