Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap

Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap ialah artikel yang bakal kita bahas kali ini. Silahkan baca artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu benda yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melaksanakan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah di tulisan ini kita akan belajar tentang mikroskop secara lengkap. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Yang akan kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tetapi kita juga akan mencari tahu macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sahabat belum mengetahui walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperdalam pemahaman sahabat, nanti saya juga akan memberikan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari pertama sampai akhir.

Okay yang nomor 1 yang akan kita ulas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sahabat sudah mengetahui penjelasan mikroskop itu, saya yakin pasti hampir semua dari sobat sudah mengetahuinya. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap

Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah benda yang dapat membantu kita mengamati objek-objek dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata saja.


Contoh singkatnya apabila sobat ingin mengamati susunan daun sebuah tumbuhan, nah Anda tidak dapat bisa mengamati secara spesifik hanya menggunakan kedua bola mata sobat saja, sahabat memerlukan suatu alat namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta masih banyak lagi. Saya bakal membahas dengan jauh complicated lagi pada bagian tengah tulisan nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang mengerti nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sobat bisa melihat gambar yang sudah saya siapkan.

Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika Anda kepo dan ingin paham secara jauh lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya Anda harus menambahkan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung dengan lambat guna menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak bergeser saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop saat hendak diangkat ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan saya bahas disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya dan jumlah lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering kamu jumpai dan kamu pakai ketika praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengerjakan praktikum kekurangan cahaya, maka kamu akan susah untuk dapat melihat benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya memiliki peran sangat penting dalam kondisi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas sebelumnya yang telah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih detail dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih dalam seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, untuk mikroskop monokuler ini mempergunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. Jenis mikroskop ini hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang sederhana, tidak bisa dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan detail dari sebuah objek yang akan diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat cocok untuk dipakai karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat fokus daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika Anda ingin tahu lebih jelas lagi seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika diulas dalam bentuk kata-kata, maka silahkan sahabat tonton video dibawah ini.




Sekian artikel dari saya yang berjudul Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Sebutkan Bagian Bagian Optik Mikroskop Terlengkap"

Post a Comment