Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap merupakan artikel yang bakal kita ulas pada kesempatan ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan percobaan-percobaan, terutama percobaan biologi. Nah di artikel ini kita akan mempelajari tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita cari tahu bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, tetapi kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini kamu tidak tahu meskipun sering memakainya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman Anda, nanti saya juga bakal memberikan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, so, jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama sampai akhir.

Oke yang pertama yang akan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari sobat sudah tahu apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah mengetahuinya. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang bisa membantu kita mengamati objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh singkatnya apabila sobat mau melihat struktur batang sebuah tumbuhan, nah sahabat tidak mungkin bisa mengamati dengan spesifik hanya dengan mata secara langsung saja, sahabat membutuhkan suatu benda namanya mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan tujuan pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Aku bakal menjabarkannya dengan jauh complicated lagi pada bagian tengah artikel nanti so, monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang tidak mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa lihat gambar dibawah ini.

Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Baik, jika sobat penasaran dan ingin mengerti secara jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati benda, sebelumnya Anda perlu menambahkan minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mensetting sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung dengan lambat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada dua penghimpit untuk menjepit preparat agar tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop saat hendak diangkat ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya serta jumlah lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering sahabat jumpai dan sobat pakai saat praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat sahabat mengadakan praktikum kekurangan cahaya, maka sahabat akan kesusahan untuk dapat mengamati benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peran amat penting dalam hal ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


Mikroskop yang begini dapat disebut sebagai buah inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini menggunakan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop jenis ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tak dapat digunakan melihat objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang sudah saya tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat fokus dari suatu benda yang tengah dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika kamu mau tahu lebih banyak mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, maka silahkan Anda simak video dibawah ini.




Nah itu dia tulisan dari saya mengenai Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap"

Post a Comment