Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap adalah artikel yang akan sahabat cari tahu kali ini. Silahkan baca artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan mempelajari tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita ulas bukan cuma sebatas pengertian mikroskop saja, tapi kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sobat belum paham walaupun sering memakainya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan kamu, nanti aku juga bakal menyediakan satu gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal sampai penutup.

Oke yang kesatu yang bakalan kita ulas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari Anda sudah mengerti penjelasan mikroskop itu, aku yakin pasti hampir semua dari sobat sudah paham. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh simpelnya jika kita mau melihat susunan batang sebuah tanaman, nah kamu mustahil dapat melihat secara jelas jika cuman menggunakan mata telanjang saja, kamu memerlukan suatu benda namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan mikroskop lain. Saya bakal mengulas secara spesifik pada tengah tulisan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak tahu nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat bisa cek gambar dibawah ini.
Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin tahu dengan jauh lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya Anda sangat diharuskan mengoleskan minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang kamu inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung secara lambat guna mensetting pusat dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Ada 2 penjepit untuk menghimpit preparat agar tidak berpindah saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika mau diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku jelaskan disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta jumlah lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering sobat temui dan sobat pakai ketika praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk bisa dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat kamu mengerjakan praktikum tidak ada cahaya, maka kamu akan susah untuk bisa mengamati objek bayangan secara jelas dikarenakan cahaya berperan sangat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas sebelumnya yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap


Mikroskop elektron bisa disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset detail seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, untuk mikroskop monokuler ini memakai 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop monokuler ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah saya tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu benda yang sedang diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat benar untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan sangat fokus daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sahabat ingin tahu lebih spesifik seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita bahas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika diulas dengan kata-kata, maka silahkan kamu tonton video berikut.




Itu tadi tulisan dari saya tentang Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Dan Cara Penggunaannya Terlengkap"

Post a Comment