Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap

Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap yaitu tulisan yang bakal sobat pelajari pada kesempatan ini. Silahkan baca informasi lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita saat melaksanakan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita akan belajar mengenai mikroskop secara detail. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita ulas bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini sahabat belum paham meskipun sering mempergunakannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan Anda, nanti aku juga akan mencantumkan sebuah gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari pertama hingga penutup.

Okay yang nomor 1 yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari sobat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, aku percaya pasti lebih dari 80% sudah mengerti. Berikut ini penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap

Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang dapat menolong kita melihat benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh singkatnya jika kita ingin mengamati susunan batang suatu tanaman, nah sahabat tidak dapat dapat mengamati dengan jelas hanya menggunakan mata secara langsung saja, Anda membutuhkan suatu benda yaitu mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Aku bakal memaparkan dengan detail pada bagian tengah artikel nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika teman yang kurang mengetahui nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sobat dapat lihat gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika kamu kepo dan ingin mengetahui secara lebih spesifik, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, berguna untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke objek terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sahabat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting pusat dari gambaran benda yang sahabat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat agar tak bergeser saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop saat hendak diangkat ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sobat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku ulas disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya serta banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering sobat temui dan Anda pergunakan saat praktikum di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar bisa digunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengadakan praktek kekurangan cahaya, maka Anda akan susah untuk bisa melihat benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peran sangat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah saya tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop itu sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset detail seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, untuk mikroskop monokuler ini mempergunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati benda yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat fokus dari sebuah objek yang sedang diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sobat ingin tahu lebih spesifik mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan kamu tonton video berikut.




Sekian artikel dari aku yang berjudul Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Pada Mikroskop Terlengkap"

Post a Comment