Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap ialah artikel yang bakal kita bahas pada kesempatan ini. Silahkan baca informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita ketika melakukan praktek-praktek, terutama percobaan biologi. Nah pada artikel ini kita bakalan mengulas tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Yang akan kita ulas tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sobat belum tahu meskipun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman kamu, nanti saya juga akan menambahkan 1 gambar mikroskop disertai nama-namanya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama hingga akhir.

Okay yang kesatu yang akan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari Anda sudah paham penjelasan mikroskop itu, aku percaya pasti banyak dari sobat sudah tahu. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap


Mikroksop ialah suatu alat yang bisa menolong kita melihat benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat kedua mata kita.


Contoh sederhananya apabila sobat mau mengamati susunan batang sebuah tanaman, nah sahabat tidak dapat mengamati secara spesifik jika cuman menggunakan mata telanjang saja, sobat membutuhkan sebuah alat yakni mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, tergantung tujuan untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan mikroskop lain. Aku akan menjelaskan dengan spesifik pada tengah postingan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sobat dapat melihat gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika kamu penasaran dan ingin mengetahui dengan lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sobat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya kamu perlu menambahkan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung dengan lambat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang Anda mau.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada dua penjepit untuk menjepit preparat agar tak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, berguna sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering kamu temui dan kamu gunakan ketika praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa dipergunakan.


Jika suatu ruangan tempat kamu mengadakan penelitian tidak ada cahaya, maka sahabat akan susah untuk bisa melihat benda bayangan dengan jelas karena cahaya memiliki peranan yang teramat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap


mikroskop yang ini bisa dikatakan sebagai buah inovasi dari mikroskop yang dulu tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini mempergunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop satu lensa ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu objek yang tengah diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat cocok untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sobat mau tahu lebih banyak tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita ulas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan kamu simak video dibawah ini.




Nah itu dia tulisan dari saya tentang Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Ppt Terlengkap"

Post a Comment