Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap adalah tulisan yang bakal sobat cari tahu pada kesempatan ini. Silahkan simak informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama percobaan biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan lengkap. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita cari tahu tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini Anda belum tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman sobat, nanti aku juga akan memberikan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, so, jangan lupa untuk menyimak postingan ini dari awal sampai penutup.

Oke yang kesatu yang akan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sobat sudah paham apa sih mikroskop itu, aku yakin pasti kebanyakan sudah mengerti. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap


Mikroksop adalah suatu benda yang dapat membantu kita mengamati objek-objek berukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata saja.


Contoh sederhananya jika kita mau mengamati bagian-bagian akar sebuah tanaman, nah sahabat tidak mungkin bisa melihat secara detail hanya menggunakan mata secara langsung saja, Anda memerlukan sebuah benda namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, tergantung maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Aku bakal menjabarkannya dengan detail pada akhir artikel nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang kurang mengerti bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa lihat image yang sudah aku sediakan.

Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik serta nonoptik. Ok jika sahabat penasaran dan ingin tahu dengan lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat menempelkan mata sobat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang mempunyai fungsi untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang kamu inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat guna mensetting pusat dari gambaran objek yang kamu mau.

  • Meja benda, berguna untuk tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, berguna sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya serta banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda jumpai dan kamu pakai saat praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa dioperasikan.


Jika didalam ruangan tempat Anda melakukan praktek kurang cahaya, maka sobat akan kesusahan untuk bisa melihat objek bayangan secara jelas dikarenakan cahaya berperan amat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas tadi yang sudah saya tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih spesifik seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop monokuler ini mempergunakan satu lensa pembesar saja. Mikroskop ini sering kita temui di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tak dapat dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar sebelumnya tadi yang sudah aku lengkapi dengan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat detail dari sebuah objek yang akan diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat benar untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan sobat tonton video berikut.




Sekian tulisan dari saya yang berjudul Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Pengertian Mikroskop Dan Bagian Bagian Nya Terlengkap"

Post a Comment