Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap adalah artikel yang bakal kamu cari tahu kali ini. Silahkan simak informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam melakukan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah di artikel ini kita bakalan mengulas tentang mikroskop dengan lengkap. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita ulas tidak hanya sebatas pengertian mikroskop saja, tapi kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai saat ini Anda tidak tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk lebih memperjelas pemahaman sobat, nanti saya juga akan menyediakan sebuah gambar mikroskop beserta nama-namanya, jadi jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari pertama hingga terakhir.

Oke yang nomor 1 yang bakalan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sahabat sudah mengetahui apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti lebih dari 80% sudah mengetahuinya. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap


Mikroksop adalah suatu benda yang bisa membantu kita melihat objek-objek berukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin melihat struktur akar sebuah tumbuhan, nah Anda tidak dapat dapat melihat secara jelas jika cuman dengan kedua bola mata sobat saja, sahabat membutuhkan sebuah alat namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan mikroskop lain. Saya bakal menjabarkannya secara spesifik pada akhir post nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang kurang tahu nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu dapat melihat image yang sudah saya sediakan.
Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika Anda penasaran dan ingin mengerti dengan jauh lebih spesifik, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum sobat mengamati benda, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Kegunaannya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya diobjek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang sobat mau.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan diamati. Ada 2 penjepit untuk menjepit preparat supaya tak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat mau dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya jelaskan disini pembagian yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering kamu temui dan Anda pergunakan saat praktikum di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat Anda mengerjakan praktikum sedikit sekali cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa mengamati benda bayangan secara jelas dikarenakan cahaya memiliki peranan yang teramat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang sudah aku tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap


Mikroskop jenis ini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu asalnya dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun sangat lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, untuk mikroskop monokuler ini memakai 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati objek yang cukup tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan detail dari suatu benda yang sedang diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika kamu ingin tahu lebih lengkap tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita ulas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dalam bentuk kata-kata, maka silahkan sobat tonton video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari saya tentang Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Mekanik Terlengkap"

Post a Comment