Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap

Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap yaitu artikel yang akan kita jelaskan saat ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita ketika menjalankan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada artikel ini kita akan belajar tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita bahas tidak hanya sebatas "mikroskop adalah" saja, tapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini Anda belum paham meskipun sering mempergunakannya.

Untuk memperdalam pemahaman sahabat, nanti saya juga akan mencantumkan sebuah gambar mikroskop disertai nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak tulisan ini dari pertama sampai penutup.

Oke yang nomor 1 yang akan kita ulas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari kamu sudah paham apa sih mikroskop itu, aku percaya pasti banyak dari sobat sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap

Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang bisa membantu kita melihat benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat kedua mata kita.


Contoh singkatnya apabila sobat mau melihat struktur daun suatu tumbuhan, nah Anda tidak dapat melihat secara detail cuma dengan kedua bola mata sobat saja, kamu harus memakai sebuah alat yaitu mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, tergantung maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta lainnya. Saya akan menjelaskan dengan detail pada tengah artikel nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu bisa memerhatikan gambar yang telah saya siapkan.
Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Baik, jika sahabat penasaran dan ingin paham secara lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata kamu untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, selanjutnya adalah lensa objektif yang memiliki fungsi untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya sahabat perlu mengoleskan minyak emersi ke benda terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.

⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur fokus dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur fokus dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk menempatkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat 2 penjepit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.

Nah itu tadi bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, selanjutnya kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan saya ulas disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya dan jumlah lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sahabat jumpai dan Anda pergunakan ketika melakukan pengamatan di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat sobat mengadakan penelitian kurang cahaya, maka Anda akan susah untuk dapat melihat objek bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam keadaan ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap


Mikroskop yang begini dapat disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, untuk mikroskop monokuler ini dibekali dengan 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop jenis ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tak dapat dipakai melihat benda yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling memperkuat fokus dari sebuah objek yang sedang diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini sangat tepat untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika Anda ingin tahu lebih banyak seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan sahabat tonton video dibawah ini.




Itu tadi artikel dari saya tentang Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Dan Fungsi Komponen Mikroskop Terlengkap"

Post a Comment