Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap

Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap adalah tulisan yang akan kita jelaskan pada kesempatan ini. Silahkan baca artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita akan mempelajari tentang mikroskop secara lengkap. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Yang akan kita bahas tidak hanya sebatas pengertian mikroskop saja, melainkan kita juga akan mempelajari macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini kamu belum tahu meskipun sering mengoperasikannya.

Untuk memperdalam pemahaman sahabat, nanti saya juga akan mencantumkan satu gambar mikroskop disertai nama-namanya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal hingga terakhir.

Oke yang nomor 1 yang akan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari kamu sudah paham pengertian mikroskop itu, saya percaya pasti hampir semua dari sobat sudah mengerti. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap

Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita mengamati objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya apabila sobat mau melihat susunan daun sebuah tanaman, nah sobat tidak dapat dapat melihat secara jelas jika cuman mempergunakan mata secara langsung saja, sahabat perlu suatu benda namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Aku bakal memaparkan dengan spesifik pada akhir post nanti untuk itu monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika sobat yang belum mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat bisa lihat gambar yang telah saya sediakan.

Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Oke jika sahabat kepo dan ingin tahu dengan jauh lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya Anda harus mengoleskan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Kegunaannya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya dibenda.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang Anda mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat guna mengatur pusat dari gambaran benda yang sahabat mau.

  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menjepit preparat agar tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, next kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sobat temui dan sobat pakai ketika melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat dipergunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengerjakan praktek kekurangan cahaya, maka sahabat kesulitan untuk dapat mengamati benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peran sangat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas sebelumnya yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang dulu tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih dalam berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop jenis ini memakai satu lensa pembesar saja. Mikroskop jenis ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang sederhana, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari suatu objek yang sedang dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat benar untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika Anda mau tahu lebih spesifik tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan kamu tonton video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari saya yang berjudul Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Pengertian Mikroskop Monokuler Terlengkap"

Post a Comment