Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap merupakan tulisan yang akan kita bahas saat ini. Silahkan simak artikel lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mempelajari tentang mikroskop dengan spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita bahas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, tetapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini sobat belum mengerti walaupun sering mempergunakannya.

Untuk memperdalam pengetahuan sobat, nanti saya juga bakal mencantumkan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, jadi jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari awal sampai akhir.

Ok yang nomor 1 yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari sahabat sudah tahu apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah tahu. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah benda yang bisa membantu kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh simpelnya jika kita mau mengamati bagian-bagian batang sebuah tanaman, nah Anda tidak dapat melihat dengan spesifik cuma mempergunakan mata secara langsung saja, sobat memerlukan suatu benda yakni mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Aku bakal menjabarkannya dengan spesifik pada bagian tengah artikel nanti so, silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika kamu yang kurang mengerti bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sobat bisa cek image yang sudah saya sediakan.

Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik serta nonoptik. Ok jika sahabat kepo dan ingin tahu dengan jauh lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata kamu untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya kamu perlu menambahkan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat serta menurunkan tabung dengan lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Meja benda, fungsinya untuk tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menjepit preparat supaya tidak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sudah umum ya yaitu didasari cahaya serta jumlah lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering sobat temui dan sahabat pergunakan ketika melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat Anda mengadakan penelitian sangat minim cahaya, maka sobat kesulitan untuk dapat mengamati benda bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peranan yang teramat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas tadi yang telah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai buah inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop jenis ini dibekali dengan 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop monokuler ini sering kita temui di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk digunakan melihat benda yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar sebelumnya tadi yang sudah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat detail dari suatu benda yang sedang dilihat dengan mikroskop ini. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena gambar objek yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika kamu mau tahu lebih jelas lagi seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan sahabat simak video berikut.




Itu tadi tulisan dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Biologi Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment