Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap yaitu tulisan yang akan sobat cari tahu saat ini. Silahkan baca informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita saat melaksanakan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap pada blog rivernend ini.

Yang akan kita pelajari tidak hanya sebatas "mikroskop adalah" saja, tetapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai saat ini sobat belum mengerti walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk memperdalam pemahaman sahabat, nanti aku juga bakal mengasih sebuah gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca post ini dari pertama hingga akhir.

Okay yang kesatu yang bakalan kita ulas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sobat sudah tahu apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti kebanyakan sudah paham. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang bisa menolong kita mengamati objek-objek dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata saja.


Contoh singkatnya jika kita ingin mengamati susunan batang suatu tanaman, nah kamu mustahil bisa mengamati secara detail hanya menggunakan mata secara langsung saja, kamu perlu suatu benda yakni mikroskop.


Saat ini ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta terdapat jenis lain. Aku akan memaparkan secara spesifik pada tengah tulisan nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika Anda yang belum mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sobat bisa melihat image berikut.
Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika kamu penasaran dan ingin tahu dengan lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya kamu harus menambahkan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mensetting sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan serta menurunkan tabung dengan lambat guna mengatur pusat dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk menempatkan preparat serta benda yang akan diamati. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat agar tak bergeser saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan aku ulas disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sahabat temui dan kamu pergunakan ketika praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat sobat mengadakan praktikum kekurangan cahaya, maka sobat kesulitan untuk dapat mengamati benda bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peran amat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang sudah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap


Mikroskop yang begini bisa dikatakan sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, untuk mikroskop monokuler ini menggunakan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini banyak kita jumpai di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang sederhana, tidak bisa digunakan mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar sebelumnya tadi yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan detail dari sebuah objek yang sedang diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika kamu ingin tahu lebih banyak seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan Anda tonton video berikut.




Itu tadi tulisan dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Secara Lengkap Terlengkap"

Post a Comment