Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap adalah tulisan yang akan sahabat pelajari saat ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal benda yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam menjalankan praktikum-praktikum, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan mempelajari tentang mikroskop dengan detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini sahabat belum tahu meskipun sering menggunakannya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman Anda, nanti aku juga akan memberikan 1 gambar mikroskop dan juga penamaannya, so, jangan lupa untuk membaca artikel ini dari awal sampai penutup.

Oke yang nomor 1 yang bakalan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari kamu sudah paham penjelasan mikroskop itu, aku percaya pasti hampir semua dari sobat sudah mengerti. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang bisa menolong kita mengamati objek-objek berukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita amati dengan mata saja.


Contoh sederhananya apabila sobat mau mengamati bagian-bagian akar sebuah tanaman, nah Anda tidak mungkin bisa mengamati dengan jelas hanya dengan kedua bola mata sobat saja, kamu memerlukan suatu benda namanya mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Aku bakal menjelaskan dengan detail pada akhir post nanti untuk itu monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sobat dapat cek image dibawah ini.

Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Baik, jika kamu penasaran dan ingin mengetahui dengan jauh lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya sobat harus memberi minyak emersi ke benda sebelumnya, agar nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Kegunaannya mirip dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya diobjek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna mensetting pusat dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang sahabat mau.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak berpindah saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika hendak dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya dan jumlah lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu temui dan sahabat pergunakan ketika praktek di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat digunakan.


Jika didalam ruangan tempat sobat melakukan praktek kurang cahaya, maka sobat akan kesusahan untuk dapat melihat benda bayangan dengan jelas karena cahaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang sudah aku tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih detail dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset detail seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, untuk mikroskop monokuler ini mempergunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop jenis ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk mengamati benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tak dapat digunakan melihat objek yang cukup tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling menguatkan detail dari suatu objek yang tengah diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika Anda mau tahu lebih lengkap tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan sobat tonton video dibawah ini.




Nah itu dia tulisan dari aku tentang Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mekanik Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment