Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap

Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap yaitu artikel yang bakal kita jelaskan saat ini. Silahkan baca informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita saat menjalankan percobaan-percobaan, terutama percobaan biologi. Nah pada artikel ini kita bakalan belajar tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Nah yang bakal kita cari tahu tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sahabat tidak tahu meskipun sering memakainya.

Untuk memperdalam pemahaman sobat, nanti aku juga bakal mencantumkan satu gambar mikroskop dan juga penamaannya, jadi jangan lupa untuk membaca postingan ini dari awal hingga terakhir.

Oke yang pertama yang akan kita bahas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari Anda sudah tahu apa sih mikroskop itu, aku yakin pasti banyak dari sobat sudah tahu. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap

Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap


Mikroksop adalah suatu benda yang bisa menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita amati kedua mata kita.


Contoh simpelnya apabila sobat ingin melihat struktur batang suatu tanaman, nah sahabat tidak dapat mengamati dengan spesifik hanya dengan mata secara langsung saja, sahabat harus memakai suatu benda yakni mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Saya bakal menjabarkannya secara jauh complicated lagi pada bagian tengah artikel nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengerti nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sahabat dapat melihat gambar yang telah saya sediakan.

Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika sahabat penasaran dan ingin tahu secara jauh lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, berguna untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mengatur perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Meja benda, fungsinya untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan diamati. Terdapat dua penjepit untuk menjepit preparat agar tidak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya serta banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering kamu temui dan kamu gunakan ketika praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk bisa digunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat sahabat mengerjakan praktikum kurang cahaya, maka sobat akan susah untuk dapat mengamati benda bayangan dengan jelas karena cahaya memiliki peran amat penting dalam kondisi ini. Untuk gambarnya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap


Mikroskop elektron dapat disebut sebagai buah inovasi dari mikroskop cahaya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop satu lensa ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk digunakan mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan detail dari sebuah objek yang akan diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang benar untuk dipakai karena gambar objek yang dihasilkan akan sangat fokus ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sobat mau tahu lebih banyak seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan Anda simak video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari aku tentang Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Cahaya Dan Elektron Terlengkap"

Post a Comment