Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap

Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap ialah tulisan yang bakal kita jelaskan kali ini. Silahkan baca informasi lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melaksanakan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita akan mengulas mengenai mikroskop secara detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita pelajari bukan cuma sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan mempelajari macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini sahabat belum paham walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman sobat, nanti aku juga akan mengasih 1 gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca postingan ini dari pertama sampai penutup.

Oke yang pertama yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari sobat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, saya percaya pasti hampir semua dari sobat sudah mengetahuinya. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap

Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang dapat membantu kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh simpelnya apabila sobat ingin mengamati bagian-bagian akar suatu tumbuhan, nah kamu mustahil dapat mengamati secara jelas hanya dengan kedua bola mata sobat saja, sahabat membutuhkan suatu benda namanya mikroskop.


Terdapat berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Saya bakal mengulas dengan spesifik pada akhir tulisan nanti so, silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sahabat dapat melihat gambar dibawah ini.

Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin mengerti dengan jauh lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sobat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang mempunyai fungsi untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya kamu sangat di rekomendasikan untuk memberi minyak emersi ke objek terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang Anda mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur fokus dari gambaran benda yang sahabat mau.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk menempatkan preparat serta objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat agar tak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, berguna sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku ulas disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya dan banyaknya lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda jumpai dan kamu gunakan saat praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat digunakan.


Jika suatu ruangan tempat sobat melakukan pengamatan kurang cahaya, maka kamu akan kesusahan untuk dapat melihat benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peran amat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang dulu tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini dibekali dengan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu benda yang akan diteliti. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler pilihan yang benar untuk digunakan karena gambar objek yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sobat ingin tahu lebih spesifik mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita bahas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan kamu tonton video berikut.




Sekian artikel dari aku mengenai Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Gambar Mikroskop Dan Bagian Bagianya Terlengkap"

Post a Comment