Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap

Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap yaitu artikel yang akan kita bahas saat ini. Silahkan perhatikan artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melaksanakan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada artikel ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan spesifik. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita ulas bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, melainkan kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini Anda belum tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman sahabat, nanti saya juga akan menyediakan 1 gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama hingga akhir.

Oke yang kesatu yang bakalan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari Anda sudah mengerti apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti hampir semua dari sobat sudah mengetahuinya. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap

Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita melihat objek-objek dengan size} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata saja.


Contoh singkatnya jika kita mau melihat susunan akar sebuah tumbuhan, nah sobat tidak mungkin dapat melihat secara detail cuma menggunakan mata secara langsung saja, kamu memerlukan suatu alat yakni mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan masih banyak lagi. Aku akan membahas secara detail pada bagian tengah postingan nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang tidak mengetahui bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, Anda dapat memerhatikan image berikut.

Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik serta nonoptik. Baik, jika Anda penasaran dan ingin tahu dengan lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya sahabat perlu mengoleskan minyak emersi ke benda terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang kamu inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung secara lambat guna menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak bergeser saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat ingin diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta jumlah lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu temui dan kamu pakai ketika melakukan pengamatan di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar bisa dipergunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sobat mengerjakan praktek kekurangan cahaya, maka sahabat akan kesusahan untuk dapat melihat benda bayangan secara jelas karena cahaya memiliki peran sangat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas sebelumnya yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap


Mikroskop elektron dapat disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang dulu tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih dalam berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa pembesar saja. Mikroskop satu lensa ini banyak kita jumpai di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tidak bisa digunakan mengamati benda yang sangat-sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat fokus dari suatu objek yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat cocok untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sahabat ingin tahu lebih spesifik seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijelaskan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sobat simak video dibawah ini.




Sekian artikel dari saya tentang Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Menurut Kbbi Terlengkap"

Post a Comment