Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap adalah artikel yang bakal Anda cari tahu saat ini. Silahkan simak artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan detail. Silahkan disimak artikel Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita pelajari bukan cuma sebatas pengertiannya saja, tetapi kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini sobat belum mengerti walaupun sering memakainya.

Untuk memperdalam pemahaman sobat, nanti saya juga akan mencantumkan satu gambar mikroskop beserta penamaannya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari awal sampai penutup.

Oke yang kesatu yang akan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari kamu sudah mengetahui apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti lebih dari 80% sudah mengerti. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita melihat objek-objek berukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata saja.


Contoh simpelnya jika kita mau mengamati susunan akar sebuah tumbuhan, nah sobat tidak dapat bisa mengamati secara spesifik hanya memakai kedua bola mata sobat saja, Anda harus menggunakan suatu benda yaitu mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Aku akan membahas dengan spesifik pada akhir artikel nanti jadi silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang mengerti bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa lihat image berikut.

Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Ok jika sobat penasaran dan ingin mengetahui dengan lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu menempelkan mata kamu untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya sobat harus mengoleskan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung dengan lambat guna mensetting pusat dari gambaran benda yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penjepit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika hendak dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku ulas disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta jumlah lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering sobat temui dan Anda gunakan ketika melakukan pengamatan di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat kamu mengadakan praktek sangat minim cahaya, maka sobat akan susah untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas karena cahaya memiliki peranan yang amat penting dalam kondisi ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas sebelumnya yang telah aku tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap


mikroskop yang ini bisa dikatakan sebagai hasil inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset detail berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, untuk mikroskop monokuler ini menggunakan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tak dapat digunakan melihat objek yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat fokus dari suatu benda yang akan diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sobat mau tahu lebih jelas lagi tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika diulas dengan kata-kata, untuk itu silahkan sahabat simak video berikut.




Sekian artikel dari aku tentang Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Dengan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment