Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap adalah tulisan yang bakal kita bahas saat ini. Silahkan simak informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita akan mempelajari tentang mikroskop dengan detail. Ayo kita mulai belajar tentang Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita cari tahu tidak hanya sebatas apa itu mikroskop saja, melainkan kita juga akan mempelajari jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sahabat tidak tahu meskipun sering memakainya.

Untuk memperdalam pemahaman sobat, nanti saya juga bakal mencantumkan 1 gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal sampai terakhir.

Okay yang kesatu yang akan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari Anda sudah paham pengertian mikroskop itu, aku percaya pasti lebih dari 80% sudah tahu. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah suatu benda yang dapat menolong kita mengamati benda-benda dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat kedua mata kita.


Contoh sederhananya jika kita ingin mengamati bagian-bagian akar sebuah tumbuhan, nah sobat tidak dapat bisa melihat secara jelas hanya memakai mata telanjang saja, Anda harus menggunakan suatu benda yaitu mikroskop.


Saat ini ada berbagai macam mikroskop, tergantung tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Aku bakal mengulas dengan spesifik pada bagian tengah postingan nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang kurang mengerti nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, Anda dapat melihat gambar berikut.

Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Baik, jika sahabat kepo dan ingin mengerti secara jauh lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata sobat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya kamu sangat di rekomendasikan untuk menambahkan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Kegunaannya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur fokus dari gambaran benda yang kamu inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan sebagai tempat untuk meletakkan preparat serta benda yang akan diamati. Terdapat 2 penjepit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya ulas disini pembagian yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sahabat temui dan sobat pergunakan saat praktikum di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk bisa digunakan.


Jika suatu ruangan tempat sobat mengadakan penelitian sangat minim cahaya, maka Anda akan susah untuk bisa mengamati benda bayangan secara jelas hal itu karena cahaya mempunyai peranan yang teramat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang sudah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop jenis seperti ini dapat dipahami sebagai buah inovasi dari mikroskop cahaya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop jenis ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. Jenis mikroskop ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk dipakai melihat objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya lengkapi dengan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat detail dari sebuah objek yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sobat ingin tahu lebih lengkap tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan kamu simak video berikut.




Sekian tulisan dari aku yang berjudul Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Tabel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment