Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap ialah tulisan yang bakal kita jelaskan kali ini. Silahkan simak artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melaksanakan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah pada tulisan ini kita akan belajar tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari bukan cuma sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini sobat belum mengetahui walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk lebih memperjelas pemahaman sobat, nanti saya juga bakal memberikan satu gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama hingga penutup.

Okay yang kesatu yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sobat sudah mengerti penjelasan mikroskop itu, aku percaya pasti banyak dari sobat sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa menolong kita melihat objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh sederhananya apabila sobat mau mengamati susunan akar sebuah tanaman, nah sahabat tidak mungkin bisa mengamati dengan detail hanya dengan mata telanjang saja, Anda memerlukan suatu benda yaitu mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Aku akan menjelaskan secara detail pada tengah postingan nanti so, monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika kamu yang kurang mengerti nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sobat bisa lihat gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Oke jika sahabat kepo dan ingin paham dengan jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat meletakkan mata kamu untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati objek, sebelumnya Anda sangat diharuskan menambahkan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mensetting perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna mensetting pusat dari gambaran benda yang sahabat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat serta menurunkan tabung dengan lambat untuk mengatur fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, fungsinya untuk tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat dua penjepit untuk menghimpit preparat supaya tidak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop saat hendak diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan jumlah lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sahabat temui dan sobat gunakan saat melakukan pengamatan di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat dioperasikan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sahabat mengadakan penelitian tidak ada cahaya, maka kamu akan susah untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas dikarenakan cahaya memiliki peran amat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini memakai 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop jenis ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk dipakai melihat benda yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki dua lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan fokus dari suatu objek yang sedang diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang benar untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan sangat fokus daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika Anda ingin tahu lebih jelas lagi tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan Anda simak video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari saya mengenai Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Optik Terlengkap"

Post a Comment