Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap adalah tulisan yang bakal kita bahas saat ini. Silahkan perhatikan artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal benda yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita dalam menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah di artikel ini kita bakalan mengulas mengenai mikroskop secara lengkap. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap pada blog rivernend ini.

Nah yang bakal kita bahas bukan cuma sebatas pengertian mikroskop saja, tetapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai detik ini sobat belum mengetahui meskipun sering menggunakannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan Anda, nanti aku juga bakal menambahkan sebuah gambar mikroskop beserta penamaannya, so, jangan lupa untuk menyimak post ini dari pertama sampai terakhir.

Ok yang nomor 1 yang akan kita ulas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sahabat sudah tahu apa sih mikroskop itu, aku percaya pasti hampir semua dari sobat sudah mengetahuinya. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah benda yang bisa menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh simpelnya apabila sobat mau melihat struktur daun suatu tumbuhan, nah sahabat tidak bisa melihat dengan detail hanya menggunakan mata secara langsung saja, sahabat harus memakai suatu benda namanya mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Aku bakal membahas secara lengkap pada akhir tulisan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa memerhatikan gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik serta nonoptik. Baik, jika kamu penasaran dan ingin mengerti secara lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu menempelkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, selanjutnya adalah lensa objektif yang mempunyai fungsi untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati objek, sebelumnya sahabat sangat di rekomendasikan untuk menambahkan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mensetting intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mengatur perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna mensetting fokus dari gambaran objek yang kamu inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk menaikkan serta menurunkan tabung secara lambat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk menempatkan preparat serta benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menjepit preparat agar tak bergeser saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop saat hendak dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum Anda pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku ulas disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya dan jumlah lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda jumpai dan kamu gunakan ketika praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sobat melakukan penelitian sangat minim cahaya, maka sobat akan susah untuk dapat mengamati benda bayangan secara jelas hal itu karena cahaya memiliki peran teramat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap


mikroskop yang ini bisa disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini memakai 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tidak bisa digunakan melihat benda yang teramat sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar sebelumnya tadi yang sudah saya lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah objek yang tengah diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini sangat cocok untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika kamu mau tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dalam bentuk kata-kata, maka silahkan Anda simak video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari aku yang berjudul Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Pdf Terlengkap"

Post a Comment