Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap

Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap merupakan tulisan yang bakal kita bahas kali ini. Silahkan baca artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Alat yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita akan belajar mengenai mikroskop dengan spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita bahas bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini sahabat belum mengetahui walaupun sering memakainya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan Anda, nanti aku juga bakal mengasih sebuah gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari pertama sampai terakhir.

Ok yang nomor 1 yang akan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin beberapa dari Anda sudah mengerti pengertian mikroskop itu, saya yakin pasti lebih dari 80% sudah mengetahuinya. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap

Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah benda yang dapat membantu kita mengamati benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita amati secara langsung dengan mata.


Contoh simpelnya jika kita mau melihat struktur akar sebuah tanaman, nah kamu tidak dapat dapat mengamati dengan spesifik hanya menggunakan kedua bola mata sobat saja, kamu harus menggunakan suatu alat yaitu mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, tergantung maksud pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Aku bakal menjabarkannya secara lengkap pada tengah tulisan nanti jadi jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, Anda dapat lihat image dibawah ini.

Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu optik serta nonoptik. Oke jika sobat kepo dan ingin mengerti secara lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata Anda untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, selanjutnya adalah lensa objektif yang mempunyai fungsi untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya sahabat sangat di rekomendasikan untuk memberi minyak emersi ke objek terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting fokus dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur pusat dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat 2 penjepit untuk menjepit preparat supaya tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum Anda pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini penggolongan yang sudah umum ya yaitu didasari cahaya serta banyaknya lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering kamu jumpai dan Anda gunakan ketika praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat Anda mengerjakan praktek sangat minim cahaya, maka kamu akan kesusahan untuk bisa mengamati objek bayangan secara jelas dikarenakan cahaya mempunyai peranan yang teramat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset detail berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini mempergunakan 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini dengan mudah kita temui di lab-lab sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak memungkinkan untuk dipakai melihat benda yang sangat-sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar sebelumnya tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu objek yang akan diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sahabat ingin tahu lebih banyak mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan kamu tonton video berikut.




Sekian artikel dari aku yang berjudul Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Artikel Bagian Bagian Mikroskop Elektron Terlengkap"

Post a Comment