Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap merupakan tulisan yang akan kita jelaskan saat ini. Silahkan baca artikel lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita saat melaksanakan praktikum-praktikum, terutama praktek biologi. Nah di artikel ini kita bakalan mengulas tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita ulas bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, tetapi kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini sobat belum mengetahui walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan sahabat, nanti aku juga bakal memberikan 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal hingga penutup.

Oke yang kesatu yang bakalan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sahabat sudah tahu penjelasan mikroskop itu, aku percaya pasti kebanyakan sudah mengetahuinya. Berikut ini penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang bisa menolong kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin melihat bagian-bagian akar suatu tanaman, nah Anda tidak dapat dapat mengamati secara jelas jika cuman dengan mata secara langsung saja, sobat perlu suatu alat namanya mikroskop.


Terdapat berbagai jenis mikroskop, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan jenis-jenis lainnya. Saya akan menjelaskan secara lengkap pada akhir postingan nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika Anda yang kurang mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu bisa lihat gambar yang sudah saya siapkan.

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin mengetahui secara lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya sahabat sangat diharuskan mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan diamati. Ada dua penjepit untuk menjepit preparat agar tak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, fungsinya sebagai penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku jelaskan disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya dan jumlah lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sahabat jumpai dan Anda pakai ketika praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa dipergunakan.


Jika didalam ruangan tempat Anda mengerjakan pengamatan kekurangan cahaya, maka Anda akan kesusahan untuk bisa mengamati objek bayangan secara jelas karena cahaya memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap


Mikroskop elektron dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang dulu tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini dibekali dengan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini sering kita temui di lab-lab sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tak dapat dipakai mengamati objek yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang telah saya tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu benda yang sedang diteliti. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat benar untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sahabat ingin tahu lebih banyak seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijabarkan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sobat simak video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari saya mengenai Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsi Nya Terlengkap"

Post a Comment