Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap adalah artikel yang bakal kita bahas kali ini. Silahkan perhatikan informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melaksanakan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan mengulas mengenai mikroskop dengan detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Nah yang bakal kita pelajari tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai saat ini sobat belum mengerti walaupun sering memakainya.

Untuk lebih memperjelas pemahaman sahabat, nanti saya juga bakal memberikan sebuah gambar mikroskop beserta nama-namanya, jadi jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari pertama hingga penutup.

Oke yang pertama yang bakalan kita ulas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari Anda sudah mengerti apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti banyak dari sobat sudah paham. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang bisa menolong kita melihat objek-objek berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya apabila sobat mau mengamati susunan batang sebuah tumbuhan, nah kamu tidak dapat mengamati secara spesifik jika cuman dengan mata telanjang saja, kamu membutuhkan suatu alat yakni mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan lainnya. Aku bakal menjabarkannya secara lengkap pada akhir tulisan nanti so, silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat dapat memerhatikan image berikut.
Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika sobat penasaran dan ingin paham dengan jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, selanjutnya ialah lensa objektif yang memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati benda, sebelumnya Anda sangat di rekomendasikan untuk menambahkan minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mensetting sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya dibenda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat serta menurunkan tabung secara lambat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang sobat mau.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menjepit preparat supaya tak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop ketika mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan saya jelaskan disini pembagian yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu jumpai dan Anda pakai saat praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat dipergunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengerjakan penelitian sedikit sekali cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa mengamati benda bayangan dengan jelas karena cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop yang begini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang dulu tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset detail berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, untuk mikroskop monokuler ini memakai 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop satu lensa ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk digunakan mengamati benda yang cukup tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan fokus dari suatu benda yang sedang diteliti. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini sangat tepat untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sobat mau tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan sahabat simak video berikut.




Sekian artikel dari saya tentang Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Lengkap Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment