Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap adalah tulisan yang bakal kita ulas pada kesempatan ini. Silahkan baca artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita saat menjalankan praktek-praktek, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita akan belajar tentang mikroskop secara detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari tidak hanya sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini Anda belum tahu meskipun sering mempergunakannya.

Untuk memperjelas pengetahuan sahabat, nanti saya juga akan menambahkan 1 gambar mikroskop dan juga penamaannya, jadi jangan lupa untuk menyimak tulisan ini dari awal hingga penutup.

Okay yang nomor 1 yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sobat sudah mengetahui apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti kebanyakan sudah mengetahuinya. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang dapat menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh simpelnya jika kita mau melihat bagian-bagian daun suatu tanaman, nah Anda mustahil bisa melihat dengan detail jika cuman memakai mata secara langsung saja, sobat harus memakai suatu alat namanya mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Aku akan membahas dengan detail pada bagian tengah artikel nanti jadi silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang kurang mengerti bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu dapat melihat image berikut.

Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin mengetahui dengan jauh lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat meletakkan mata Anda untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya sahabat sangat diharuskan memberi minyak emersi ke objek terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat 2 penjepit untuk menjepit preparat supaya tidak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya ulas disini penggolongan yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering Anda jumpai dan sahabat pakai saat melakukan pengamatan di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat kamu melakukan pengamatan tidak ada cahaya, maka sahabat akan kesusahan untuk bisa mengamati objek bayangan secara jelas karena cahaya memiliki peran amat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang telah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai buah inovasi dari mikroskop cahaya tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu asalnya dari mikroskop elektron ini sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset detail berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop jenis ini dibekali dengan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop jenis ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tak dapat dipakai mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa sama dengan gambar sebelumnya tadi yang telah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan detail dari suatu objek yang akan diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat spesifik ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sobat ingin tahu lebih lengkap mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan sobat tonton video berikut.




Sekian tulisan dari aku mengenai Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Dan Jelaskan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment