Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap ialah artikel yang bakal kita ulas kali ini. Silahkan simak artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita saat menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mengulas tentang mikroskop dengan spesifik. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap pada blog pengertian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, melainkan kita juga akan mempelajari macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini sobat tidak tahu walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman sahabat, nanti saya juga bakal menambahkan 1 gambar mikroskop beserta nama-namanya, jadi jangan lupa untuk membaca artikel ini dari awal sampai terakhir.

Ok yang kesatu yang bakalan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sahabat sudah tahu apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti kebanyakan sudah tahu. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah benda yang dapat membantu kita mengamati benda-benda dengan size} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh simpelnya jika kita mau mengamati susunan batang sebuah tumbuhan, nah sobat tidak dapat dapat melihat dengan spesifik jika cuman memakai kedua bola mata sobat saja, sahabat perlu sebuah benda namanya mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta terdapat jenis lain. Aku bakal memaparkan dengan detail pada akhir post nanti jadi silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika Anda yang tidak mengerti nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat dapat cek image yang telah aku siapkan.

Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika sobat penasaran dan ingin paham dengan jauh lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, gunanya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata Anda untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya sobat perlu menambahkan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mengatur fokus dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk menempatkan preparat serta benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tidak berpindah saat diamati.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat ingin diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan aku jelaskan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering kamu temui dan Anda pergunakan ketika melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk dapat dipergunakan.


Jika suatu ruangan tempat sahabat mengadakan praktikum tidak ada cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa melihat benda bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah aku tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap


Mikroskop yang begini dapat disebut sebagai buah inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop elektron itu sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih dalam berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, mikroskop jenis ini menggunakan 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop jenis ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak bisa dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki dua lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat fokus dari sebuah benda yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sobat ingin tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijelaskan dengan kata-kata, untuk itu silahkan sahabat simak video berikut.




Sekian artikel dari aku yang berjudul Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Dalam Ilmu Fisika Terlengkap"

Post a Comment