Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap ialah tulisan yang bakal sahabat pelajari pada kesempatan ini. Silahkan simak informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita ketika melakukan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah di tulisan ini kita akan belajar mengenai mikroskop dengan spesifik. Silahkan disimak artikel Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap pada blog rivernend ini.

Yang akan kita pelajari bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, tetapi kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini kamu belum tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pengetahuan Anda, nanti aku juga akan menambahkan satu gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk menyimak postingan ini dari awal hingga terakhir.

Oke yang nomor 1 yang bakalan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari sahabat sudah mengetahui apa sih mikroskop itu, saya yakin pasti lebih dari 80% sudah mengetahuinya. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang bisa menolong kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita amati secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin mengamati struktur batang sebuah tanaman, nah kamu tidak mungkin bisa mengamati secara detail jika cuman dengan mata secara langsung saja, Anda perlu suatu alat yakni mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, tergantung maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Aku bakal menjelaskan dengan jauh complicated lagi pada akhir tulisan nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang tidak mengetahui bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu dapat cek image yang sudah saya sediakan.

Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika sahabat kepo dan ingin mengetahui secara lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata sobat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, berguna untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya sobat sangat diharuskan memberi minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang kamu mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mensetting pusat dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung dengan lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan preparat serta objek yang akan diamati. Ada dua penghimpit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan sebagai penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop ketika ingin dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan saya jelaskan disini penggolongan yang sudah umum ya yaitu berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sobat jumpai dan kamu gunakan ketika praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa dipergunakan.


Jika didalam ruangan tempat kamu mengadakan praktek tidak ada cahaya, maka kamu akan kesusahan untuk dapat mengamati objek bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya memiliki peran sangat penting dalam kondisi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap


Mikroskop yang begini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih detail dari mikroskop cahaya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset detail berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, untuk mikroskop monokuler ini dibekali dengan 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop monokuler ini dengan gampang kita temukan di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tak dapat dipakai melihat objek yang teramat sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa sama dengan gambar diatas tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah benda yang sedang diteliti. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena gambar objek yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika Anda mau tahu lebih banyak mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah next yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika diulas dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan sahabat simak video berikut.




Sekian artikel dari saya mengenai Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Dan Fungsinya Lengkap Terlengkap"

Post a Comment