Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap yaitu artikel yang akan kita ulas pada kesempatan ini. Silahkan simak artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita ketika melakukan percobaan-percobaan, terutama percobaan biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan mengulas tentang mikroskop secara detail. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita cari tahu tidak hanya sebatas "mikroskop adalah" saja, tapi kita juga akan mengulas jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai detik ini Anda tidak tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk memperdalam pemahaman sobat, nanti aku juga akan menyediakan 1 gambar mikroskop beserta penamaannya, so, jangan lupa untuk menyimak post ini dari pertama sampai penutup.

Ok yang pertama yang bakalan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sobat sudah paham penjelasan mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah mengerti. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah alat yang bisa membantu kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata saja.


Contoh singkatnya apabila sobat ingin mengamati susunan daun sebuah tanaman, nah Anda mustahil bisa melihat dengan jelas cuma dengan mata telanjang saja, Anda harus memakai suatu benda yakni mikroskop.


Saat ini ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan jenis-jenis lainnya. Saya bakal memaparkan secara jauh complicated lagi pada akhir postingan nanti untuk itu monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika sahabat yang tidak tahu nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa melihat image yang sudah saya siapkan.

Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Baik, jika kamu kepo dan ingin mengerti dengan lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata Anda untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya kamu sangat diharuskan menambahkan minyak emersi ke benda terlebih dahulu agar nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung secara lambat untuk menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang kamu mau.

  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak bergeser saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop saat mau diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering sahabat temui dan sobat gunakan saat melakukan pengamatan di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat kamu mengadakan pengamatan kekurangan cahaya, maka kamu akan susah untuk bisa melihat benda bayangan dengan jelas karena cahaya berperan teramat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas sebelumnya yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap


Mikroskop yang begini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang dulu tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron lebih baik digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini dibekali dengan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop jenis ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk digunakan mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang telah saya lengkapi dengan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki dua lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan fokus dari suatu objek yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang benar untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan jauh lebih jelas dan detail daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika kamu mau tahu lebih jelas lagi tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita bahas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika diulas dengan kata-kata, maka silahkan sobat simak video berikut.




Nah itu dia artikel dari aku yang berjudul Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Binokuler Terlengkap"

Post a Comment