Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap yaitu tulisan yang bakal Anda pelajari saat ini. Silahkan baca artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita saat menjalankan praktikum-praktikum, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita bakalan mempelajari tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita ulas tidak hanya sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan belajar jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini sahabat belum paham walaupun sering menggunakannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan Anda, nanti saya juga bakal memberikan satu gambar mikroskop disertai penamaannya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal hingga akhir.

Ok yang pertama yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sahabat sudah mengerti apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah paham. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap

Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang dapat menolong kita melihat objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin melihat susunan daun suatu tanaman, nah Anda tidak bisa mengamati secara jelas jika cuman dengan mata telanjang saja, Anda perlu sebuah alat namanya mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, tergantung tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Saya akan membahas secara spesifik pada tengah post nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang tahu bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, Anda bisa lihat image yang sudah aku siapkan.

Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yakni optik dan nonoptik. Ok jika sobat kepo dan ingin mengetahui secara jauh lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu menempelkan mata kamu untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati benda, sebelumnya sahabat harus mengoleskan minyak emersi ke benda terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya pada benda.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting pusat dari gambaran benda yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk mensetting fokus dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Ada 2 penghimpit untuk menghimpit preparat agar tidak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat mau diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan aku sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya serta jumlah lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu temui dan kamu pergunakan saat melakukan pengamatan di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu untuk dapat digunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sobat mengadakan praktek sedikit sekali cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa melihat objek bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah aku tambahkan nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai buah inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop elektron itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini menggunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini sering kita temui di lab-lab sekolah. Jenis mikroskop ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak bisa digunakan melihat objek yang teramat sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar diatas tadi yang sudah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling menguatkan detail dari suatu objek yang sedang dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang tepat untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sahabat mau tahu lebih lengkap tentang pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, maka silahkan Anda tonton video dibawah ini.




Nah itu dia artikel dari aku yang berjudul Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Dan Kegunaan Terlengkap"

Post a Comment