Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap adalah artikel yang bakal kita bahas kali ini. Silahkan simak informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melakukan praktikum-praktikum, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita akan belajar tentang mikroskop secara spesifik. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita ulas tidak hanya sebatas pengertian mikroskop saja, tapi kita juga akan mempelajari macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini kamu belum mengetahui walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan Anda, nanti aku juga bakal memberikan 1 gambar mikroskop beserta penamaannya, jadi jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari pertama hingga akhir.

Ok yang kesatu yang akan kita ulas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari kamu sudah mengetahui penjelasan mikroskop itu, aku percaya pasti banyak dari sobat sudah mengerti. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang dapat membantu kita melihat objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita amati dengan mata telanjang.


Contoh simpelnya jika kita mau melihat susunan batang sebuah tumbuhan, nah sobat tidak mungkin bisa mengamati dengan spesifik jika cuman menggunakan mata secara langsung saja, sahabat harus menggunakan sebuah alat yaitu mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, tergantung maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta lainnya. Aku akan menjabarkannya secara jauh complicated lagi pada akhir post nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum tahu nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu dapat melihat gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Ok jika sahabat kepo dan ingin mengetahui dengan lebih mendetail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata kamu untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum sobat mengamati objek, sebelumnya sahabat perlu memberi minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mensetting sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Gunanya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memfokuskannya pada benda.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, berguna untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat untuk mensetting pusat dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat guna menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya serta jumlah lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu temui dan sobat pakai saat melakukan pengamatan di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika suatu ruangan tempat sobat mengadakan praktikum tidak ada cahaya, maka sahabat akan kesusahan untuk dapat melihat benda bayangan secara jelas dikarenakan cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap


Mikroskop yang begini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, untuk itulah mengapa mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop jenis ini mempergunakan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop jenis ini banyak kita jumpai di lab-lab sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tidak bisa digunakan mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar dari mikroskop monokuler sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat fokus dari suatu objek yang sedang diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat tepat untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika Anda mau tahu lebih spesifik seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan kamu simak video berikut.




Itu tadi artikel dari aku yang berjudul Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Okuler Terlengkap"

Post a Comment