Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap yaitu tulisan yang bakal sahabat pelajari pada kesempatan ini. Silahkan baca artikel lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak tahu alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita saat melaksanakan praktek-praktek, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop dengan lengkap. Silahkan disimak artikel Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita cari tahu tidak hanya sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini kamu belum mengetahui walaupun sering mempergunakannya.

Untuk lebih mendetailkan pengetahuan sahabat, nanti saya juga akan menyediakan satu gambar mikroskop beserta penamaannya, so, jangan lupa untuk menyimak tulisan ini dari pertama hingga penutup.

Oke yang kesatu yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari Anda sudah mengerti penjelasan mikroskop itu, saya yakin pasti lebih dari 80% sudah mengetahuinya. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang dapat membantu kita melihat objek-objek dengan size} sangat kecil yang tidak bisa kita amati hanya menggunakan mata saja.


Contoh sederhananya jika kita mau mengamati struktur batang sebuah tumbuhan, nah sobat tidak dapat bisa melihat secara jelas jika cuman dengan mata telanjang saja, kamu memerlukan suatu alat namanya mikroskop.


Ada berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Saya akan membahas secara jauh complicated lagi pada tengah tulisan nanti jadi jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum tahu bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat dapat melihat gambar yang telah saya sediakan.

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Baik, jika kamu kepo dan ingin tahu dengan jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya Anda harus memberi minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya diobjek.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang Anda mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna mensetting pusat dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat untuk mensetting pusat dari gambaran benda yang kamu inginkan.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penjepit untuk menghimpit preparat supaya tidak bergeser ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, berguna sebagai penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop ketika mau diangkat ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan jumlah lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sobat temui dan sahabat pakai ketika melakukan pengamatan di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat dipergunakan.


Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengadakan penelitian tidak ada cahaya, maka kamu akan susah untuk dapat mengamati benda bayangan secara jelas hal itu karena cahaya memiliki peranan yang teramat penting dalam hal ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas tadi yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap


Mikroskop jenis seperti ini dapat dipahami sebagai hasil inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu mikroskop elektron lebih cocok untuk dipergunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop jenis ini dibekali dengan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop satu lensa ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak bisa digunakan melihat objek yang cukup tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai dua lensa pembesar yang dimana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari suatu benda yang akan diamati. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini pilihan yang cocok untuk digunakan karena hasil penampakan gambar akan sangat fokus daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika Anda ingin tahu lebih spesifik seputar penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Nah karena akan sulit jika dijelaskan dalam bentuk kata-kata, maka silahkan Anda simak video dibawah ini.




Itu tadi tulisan dari saya mengenai Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment