Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap merupakan tulisan yang akan kita bahas kali ini. Silahkan baca informasi lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita ketika melaksanakan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah di tulisan ini kita akan belajar tentang mikroskop secara lengkap. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap pada blog rivernend ini.

Nah yang bakal kita cari tahu tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin hingga kini sobat belum tahu walaupun sering menggunakannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan sobat, nanti aku juga akan mencantumkan sebuah gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk menyimak post ini dari awal hingga terakhir.

Okay yang pertama yang akan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sahabat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti kebanyakan sudah mengerti. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah suatu benda yang dapat menolong kita melihat objek-objek dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita amati secara langsung dengan mata.


Contoh singkatnya apabila sobat mau melihat struktur akar sebuah tanaman, nah kamu tidak dapat bisa melihat secara jelas hanya dengan mata secara langsung saja, kamu membutuhkan suatu alat yakni mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron serta terdapat jenis lain. Saya bakal membahas secara spesifik pada tengah tulisan nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengetahui nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa melihat image yang sudah aku sediakan.

Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik serta nonoptik. Ok jika sobat kepo dan ingin mengetahui dengan jauh lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati benda, sebelumnya sobat harus mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mensetting sedikit banyaknya cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya diobjek.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat guna mengatur pusat dari gambaran objek yang kamu inginkan.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk meletakkan preparat dan objek yang akan dilihat dengan mikroskop. Terdapat dua penjepit untuk menghimpit preparat agar tidak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop ketika ingin diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya dan banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sahabat temui dan kamu pergunakan saat praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat dioperasikan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat Anda mengadakan pengamatan kekurangan cahaya, maka sahabat kesulitan untuk bisa mengamati objek bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya memiliki peran sangat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang telah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap


Mikroskop elektron bisa dikatakan sebagai hasil inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu berasal dari mikroskop elektron ini sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih baik dari mikroskop cahaya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih dalam seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak spesifik, tak dapat digunakan mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat fokus dari suatu benda yang tengah diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat tepat untuk dipakai karena gambar objek yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika sahabat ingin tahu lebih jelas lagi seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita ulas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan sahabat simak video berikut.




Sekian artikel dari aku mengenai Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Cahaya Beserta Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment