Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap ialah tulisan yang akan kita bahas saat ini. Silahkan baca artikel lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melaksanakan percobaan-percobaan, terutama praktek biologi. Nah pada tulisan ini kita bakalan belajar tentang mikroskop secara detail. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap pada blog rivernend.blogspot.com ini.

Yang akan kita pelajari bukan cuma sebatas pengertiannya saja, melainkan kita juga akan mencari tahu macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai saat ini Anda belum tahu walaupun sering mempergunakannya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman sobat, nanti aku juga akan menyediakan sebuah gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal sampai penutup.

Okay yang nomor 1 yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sobat sudah mengetahui pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti banyak dari sobat sudah paham. Silahkan simak ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Mikroksop ialah suatu benda yang dapat menolong kita mengamati objek-objek dengan size} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat kedua mata kita.

Contoh singkatnya jika kita mau melihat susunan batang sebuah tanaman, nah Anda tidak mungkin dapat mengamati dengan spesifik hanya mempergunakan mata telanjang saja, Anda perlu sebuah benda namanya mikroskop.

Saat ini ada berbagai macam mikroskop, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron dan mikroskop lain. Saya akan mengulas secara jauh complicated lagi pada tengah tulisan nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.

Gambar Bagian-Bagian Mikroskop


Jika sahabat yang tidak tahu nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sahabat dapat melihat image berikut.

Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yakni optik dan nonoptik. Oke jika sahabat penasaran dan ingin tahu dengan jauh lebih detail, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya pada umumnya sekitar 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata Anda untuk mengamati objek.
  • Lensa objektif, fungsinya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya sahabat perlu menambahkan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.
  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.
  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.
  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.
⏩ Bagian-Bagian Non-Optik
  • Lengan mikroskop, berguna untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.
  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.
  • Revolver, gunanya untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.
  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang sobat mau.
  • Mikrometer (pemutar halus), berguna untuk mengangkat dan menurunkan tabung dengan lambat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang sobat inginkan.
  • Meja benda, fungsinya sebagai tempat untuk meletakkan preparat serta benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penjepit untuk menghimpit preparat agar tidak bergeser ketika diamati.
  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin diangkat ke tempat lain.
Nah itu dia bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, selanjutnya kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu pahami.

Jenis-Jenis Mikroskop

Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku jelaskan disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya dan banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya

#1. Mikroskop Cahaya

Nah ini dia yang sering sahabat temui dan kamu pergunakan saat praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat dipergunakan.

Jika suatu ruangan tempat sahabat melakukan pengamatan kurang cahaya, maka kamu kesulitan untuk dapat mengamati objek bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya memiliki peran amat penting dalam situasi ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri nama-nama bagiannya.

#2. Mikroskop Elektron


Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Mikroskop jenis ini dapat disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Bayangan yang muncul pun jauh lebih detail ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, untuk itulah mengapa mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset detail seputar benda-benda mirkoskopis.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa

#1. Mikroskop Monokuler

Seperti namanya, mikroskop jenis ini memakai 1 lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Mikroskop monokuler hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk dipakai melihat benda yang cukup tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar sebelumnya tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.

#2. Mikroskop Binokuler

Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai dua lensa pembesar yang mana keduanya saling memperkuat fokus dari sebuah objek yang tengah diamati. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat tepat untuk dipakai karena hasil objek yang ditampakkan akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika Anda mau tahu lebih lengkap tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.

Bagaimana Mikroskop Bekerja

Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan Anda simak video dibawah ini.

Nah itu dia tulisan dari saya tentang Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Okuler Terlengkap"

Post a Comment