Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap merupakan tulisan yang akan kita bahas pada kesempatan ini. Silahkan perhatikan artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita ketika melaksanakan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mempelajari tentang mikroskop secara lengkap. Silahkan disimak artikel Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Yang akan kita ulas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan mempelajari macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai saat ini sobat belum tahu meskipun sering menggunakannya.

Untuk lebih memperjelas pemahaman kamu, nanti aku juga akan memberikan satu gambar mikroskop disertai nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk membaca tulisan ini dari pertama sampai akhir.

Okay yang nomor 1 yang akan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin hampir semua dari sobat sudah tahu pengertian mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah mengerti. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap


Mikroksop adalah sebuah benda yang bisa membantu kita melihat objek-objek berukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat kedua mata kita.


Contoh simpelnya apabila sobat mau mengamati bagian-bagian akar sebuah tanaman, nah Anda tidak mungkin bisa melihat secara jelas hanya menggunakan kedua bola mata sobat saja, sobat harus menggunakan sebuah benda yaitu mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, semuanya didasarkan pada maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta masih banyak lagi. Aku akan mengulas dengan jauh complicated lagi pada bagian tengah post nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sahabat dapat lihat image yang telah aku sediakan.

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi 2, yaitu optik serta nonoptik. Baik, jika sobat penasaran dan ingin paham secara jauh lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sahabat meletakkan mata kamu untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya umumnya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, agar nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat dan menurunkan tabung secara lambat untuk menyesuaikan fokus dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, berguna untuk tempat untuk meletakkan preparat serta benda yang akan diamati. Terdapat 2 penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak bergeser ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat hendak dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu dia bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita pelajari macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri terdapat beberapa penggolongan, nah yang akan aku ulas disini penggolongan yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya dan jumlah lensa. Berikut ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda jumpai dan kamu gunakan ketika praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar dapat digunakan.


Jika suatu ruangan tempat sobat melakukan pengamatan kekurangan cahaya, maka Anda akan susah untuk bisa mengamati objek bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas sebelumnya yang sudah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap


Mikroskop yang begini bisa dikatakan sebagai buah inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu berasal dari mikroskop elektron itu sendiri. Bayangan yang muncul pun sangat detail dari mikroskop cahaya, untuk itulah mengapa mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop satu lensa ini sering kita temui di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tidak memungkinkan untuk digunakan melihat objek yang sangat-sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar sebelumnya tadi yang telah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler





Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai dua lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan detail dari suatu objek yang tengah diamati. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika kamu ingin tahu lebih jelas lagi mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sobat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika diulas dengan kata-kata, untuk itu silahkan Anda tonton video dibawah ini.




Sekian tulisan dari saya yang berjudul Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Kerjanya Terlengkap"

Post a Comment