Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap adalah artikel yang akan sobat cari tahu pada kesempatan ini. Silahkan simak artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui alat yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam menjalankan praktikum-praktikum, terutama percobaan biologi. Nah di artikel ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop dengan detail. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita ulas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, melainkan kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini Anda tidak tahu meskipun sering menggunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman kamu, nanti saya juga bakal menyediakan sebuah gambar mikroskop beserta nama-namanya, jadi jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari pertama hingga terakhir.

Oke yang pertama yang bakalan kita ulas adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari kamu sudah mengetahui pengertian mikroskop itu, saya percaya pasti kebanyakan sudah tahu. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang dapat membantu kita melihat objek-objek dengan ukuran} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya jika kita mau melihat bagian-bagian akar sebuah tanaman, nah Anda tidak dapat bisa melihat dengan jelas cuma menggunakan kedua bola mata sobat saja, Anda membutuhkan suatu benda yakni mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai jenis mikroskop, tergantung tujuan pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop binokuler, mikroskop elektron dan terdapat jenis lain. Saya bakal menjelaskan secara detail pada bagian tengah post nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengerti bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu bisa memerhatikan gambar yang sudah saya sediakan.

Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Oke jika Anda kepo dan ingin mengetahui dengan lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda menempelkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati benda, sebelumnya Anda sangat diharuskan memberi minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk mensetting intensitas cahaya yang masuk. Gunanya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, fungsinya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, gunanya untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk menaikkan atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur fokus dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat serta menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur pusat dari gambaran benda yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan untuk tempat untuk meletakkan preparat serta benda yang akan diamati. Ada dua penghimpit untuk menghimpit preparat supaya tak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.


Nah itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, next kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku sampaikan disini pembagian yang sudah umum ya yaitu berdasarkan cahaya dan banyaknya lensa. Simak ulasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah inilah yang sering sobat temui dan sobat pakai saat praktikum di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa dipergunakan.


Jika suatu ruangan tempat sahabat melakukan praktek kekurangan cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa mengamati objek bayangan dengan jelas karena cahaya mempunyai peran amat penting dalam kondisi ini. Untuk gambarnya seperti gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang sudah saya beri penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa dikatakan sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan ditempat-tempat seperti tempat medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop monokuler ini memakai satu lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop monokuler ini dengan gampang kita temukan di laboratorim sekolah. mikroskop satu lensa ini hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang simpel, tidak memungkinkan untuk dipakai mengamati objek yang cukup tipis. Gambar mikroskop satu lensa seperti gambar diatas tadi yang sudah saya lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai dua lensa pembesar yang dimana keduanya saling memperkuat fokus dari sebuah objek yang akan diteliti. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini pilihan yang tepat untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika kamu ingin tahu lebih jelas lagi mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan sahabat kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita ulas ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan kamu simak video berikut.




Itu tadi tulisan dari aku tentang Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Beserta Gambar Dan Fungsinya Terlengkap"

Post a Comment