Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap merupakan artikel yang bakal sobat cari tahu kali ini. Silahkan simak artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita ketika menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah pada artikel ini kita akan mempelajari mengenai mikroskop dengan lengkap. Ayo kita mulai belajar tentang Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Yang akan kita ulas bukan cuma sebatas pengertian mikroskop saja, melainkan kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini kamu tidak tahu meskipun sering menggunakannya.

Untuk memperdalam pemahaman Anda, nanti saya juga bakal mengasih 1 gambar mikroskop dan juga nama-namanya, so, jangan lupa untuk menyimak artikel ini dari awal sampai terakhir.

Ok yang kesatu yang bakalan kita bahas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari sobat sudah paham pengertian mikroskop itu, aku percaya pasti lebih dari 80% sudah mengerti. Silahkan simak pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap

Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang bisa membantu kita mengamati benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat hanya menggunakan mata saja.


Contoh sederhananya jika kita mau melihat susunan daun sebuah tumbuhan, nah kamu mustahil bisa melihat secara jelas cuma mempergunakan mata secara langsung saja, kamu harus memakai suatu alat namanya mikroskop.


Terdapat berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan pengoperasiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop mono-binokuler, mikroskop elektron serta terdapat jenis lain. Saya bakal menjelaskan secara jauh complicated lagi pada tengah artikel nanti so, jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang belum mengerti bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu dapat lihat gambar dibawah ini.

Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi 2, yaitu optik dan nonoptik. Ok jika sobat kepo dan ingin mengerti dengan lebih spesifik, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu menempelkan mata sobat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdapat 3 lensa. Sebelum Anda mengamati benda, sebelumnya sahabat sangat di rekomendasikan untuk mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang muncul lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, berguna untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, memiliki kegunaan untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mensetting perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna menyesuaikan pusat dari gambaran benda yang kamu mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan serta menurunkan tabung dengan lambat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Meja benda, memiliki kegunaan sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat dua penghimpit untuk menghimpit preparat agar tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga dan tempat untuk memegang mikroskop saat mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya jelaskan disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya serta jumlah lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering Anda temui dan sahabat gunakan saat praktikum di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa digunakan.


Jika suatu ruangan tempat kamu melakukan penelitian sedikit sekali cahaya, maka sobat kesulitan untuk bisa mengamati benda bayangan dengan jelas dikarenakan cahaya memiliki peranan yang sangat penting dalam situasi ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas tadi yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap


Mikroskop jenis ini bisa disebut sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu berasal dari mikroskop itu sendiri. Gambar bayangan yang dihasilkan pun jauh lebih detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Seperti namanya, mikroskop jenis ini mempergunakan 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop monokuler ini sering kita temui di lab-lab sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak bisa digunakan melihat objek yang sangat-sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap

Mikroskop jenis ini memiliki dua lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling menguatkan fokus dari sebuah benda yang tengah dilihat dengan mikroskop ini. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat benar untuk digunakan karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat fokus daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sobat mau tahu lebih banyak mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dengan kata-kata, untuk itu silahkan kamu simak video dibawah ini.




Sekian artikel dari aku mengenai Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian Bagian Mikroskop Yang Tersusun Dari Alat Optik Terlengkap"

Post a Comment