Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap

Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap ialah artikel yang bakal kita ulas pada kesempatan ini. Silahkan baca artikel lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak mengetahui benda yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita saat menjalankan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah pada artikel ini kita bakalan mempelajari mengenai mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita bahas bukan cuma sebatas pengertian mikroskop saja, tapi kita juga akan mengulas macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin sampai saat ini kamu belum mengerti meskipun sering mengoperasikannya.

Untuk memperdalam pengetahuan sobat, nanti aku juga akan memberikan satu gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk membaca postingan ini dari awal hingga terakhir.

Oke yang kesatu yang akan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari kamu sudah mengetahui apa sih mikroskop itu, aku yakin pasti hampir semua dari sobat sudah mengerti. Berikut ini penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap

Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap


Mikroksop adalah suatu benda yang bisa menolong kita melihat benda-benda dengan size} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat secara langsung dengan mata.


Contoh sederhananya apabila sobat ingin mengamati struktur batang suatu tanaman, nah sahabat tidak dapat bisa melihat dengan spesifik cuma mempergunakan mata telanjang saja, sobat memerlukan suatu alat yakni mikroskop.


Saat ini ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud pemakaiannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan masih banyak lagi. Saya akan menjabarkannya secara jauh complicated lagi pada akhir postingan nanti untuk itu silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Untuk yang tidak mengetahui nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, Anda bisa lihat image berikut.

Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik serta nonoptik. Oke jika sobat penasaran dan ingin tahu dengan lebih detail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah sobat menempelkan mata Anda untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, fungsinya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdapat 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya sobat perlu mengoleskan minyak emersi ke objek terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, gunanya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan oleh cermin dan memusatkannya pada benda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, berguna untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sahabat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk menaikkan atau menurunkan tabung dengan cepat guna mensetting fokus dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk mengangkat dan menurunkan tabung dengan lambat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang sahabat inginkan.

  • Meja benda, berguna sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan objek yang akan diamati. Terdapat dua penghimpit untuk menjepit preparat agar tak berpindah ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan sebagai penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop saat mau diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta fungsi mikroskop, next kita pahami macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak Anda ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan saya bahas disini pembagian yang sifatnya umum ya yakni didasari cahaya dan jumlah lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop cahaya inilah yang sering sobat jumpai dan sahabat gunakan saat praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa dipergunakan.


Jika didalam ruangan tempat kamu mengerjakan pengamatan sedikit sekali cahaya, maka Anda kesulitan untuk dapat melihat benda bayangan dengan jelas hal itu karena cahaya mempunyai peranan yang amat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya sama dengan gambar diatas tadi yang sudah saya tambahkan penamaan bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap


Mikroskop jenis seperti ini dapat disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop sebelumnya tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu berasal dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat detail daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih baik digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan penelitian lebih spesifik berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop jenis ini dibekali dengan satu lensa sebagai pembesar. Mikroskop ini dengan gampang kita temukan di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya bisa dipergunakan untuk melihat benda atau objek yang simpel, tak dapat dipakai mengamati objek yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang sudah aku beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan detail dari sebuah objek yang sedang diamati. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler sangat benar untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika kamu mau tahu lebih lengkap seputar pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijelaskan dalam bentuk kata-kata, untuk itu silahkan sobat tonton video berikut.




Sekian tulisan dari saya yang berjudul Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap, Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi

1 Response to "Pengertian Mikroskop Optik Terlengkap"

  1. makasih artikelnya sangat bermanfaat sekali. ditunggu artikel menarik lainnya ya. Sukses selalu. kunjungi juga website kami http://servismikroskop.com/

    ReplyDelete