Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap ialah tulisan yang bakal kita bahas pada kesempatan ini. Silahkan baca informasi lengkap tentang mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam menjalankan praktek-praktek, terutama praktikum biologi. Nah di tulisan ini kita bakalan mempelajari mengenai mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap pada blog rivernend ini.

Yang akan kita ulas bukan cuma sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin selama ini sobat tidak tahu walaupun sering mempergunakannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan sobat, nanti aku juga bakal mencantumkan satu gambar mikroskop beserta nama-namanya, so, jangan lupa untuk menyimak postingan ini dari awal hingga penutup.

Oke yang kesatu yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin banyak dari sahabat sudah mengerti apa sih mikroskop itu, saya percaya pasti lebih dari 80% sudah paham. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap


Mikroksop ialah suatu alat yang dapat menolong kita mengamati benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita amati dengan mata saja.


Contoh sederhananya jika kita ingin mengamati struktur akar suatu tumbuhan, nah sobat tidak mungkin bisa melihat secara detail hanya dengan mata secara langsung saja, kamu memerlukan sebuah alat yakni mikroskop.


Ada berbagai jenis mikroskop, disesuaikan dengan maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta jenis-jenis lainnya. Aku akan menjabarkannya secara spesifik pada bagian tengah post nanti untuk itu jangan lupa simak hingga akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika kamu yang tidak mengerti nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, kamu dapat lihat image yang telah saya sediakan.
Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin mengerti secara jauh lebih lengkap, berikut ini fungsi bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Untuk perbesarannya umumnya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu meletakkan mata kamu untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, memiliki kegunaan untuk me-zoom bayangan benda. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya sahabat sangat diharuskan menambahkan minyak emersi ke benda sebelumnya, agar nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk mensetting banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Kegunaannya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan berkas cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.

  • Cermin, fungsinya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.

⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, fungsinya untuk mensetting perbesaran benda objektif yang diinginkan.

  • Makrometer (pemutar kasar), gunanya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang Anda mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan dan menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur pusat dari gambaran benda yang sobat inginkan.

  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penghimpit untuk menghimpit preparat agar tidak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, gunanya sebagai penyangga dan bagian untuk memegang mikroskop saat ingin dipindahkan ke tempat lain.

Oke, itu dia bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita ulas macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum kamu pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini penggolongan yang sifatnya umum ya yakni berdasarkan cahaya dan jumlah lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering Anda jumpai dan sahabat pergunakan ketika praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat dipergunakan.


Jika didalam ruangan tempat kamu melakukan pengamatan sedikit sekali cahaya, maka kamu akan kesusahan untuk bisa melihat benda bayangan secara jelas hal itu karena cahaya mempunyai peranan yang sangat penting dalam hal ini. Untuk imagenya seperti gambar diatas sebelumnya yang sudah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap


Mikroskop jenis seperti ini bisa disebut sebagai buah inovasi dari mikroskop yang dulu tadi. Jadi, penggunaan cahayanya itu asalnya dari mikroskop ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu mikroskop elektron banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik seputar benda-benda mirkoskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, untuk mikroskop monokuler ini dibekali dengan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini hanya bisa dipergunakan untuk mengamati benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak memungkinkan untuk digunakan melihat objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya seperti gambar diatas tadi yang telah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap

Mikroskop jenis ini mempunyai 2 lensa pembesar yang mana keduanya saling menguatkan detail dari suatu objek yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat benar untuk digunakan karena hasil objek yang ditampakkan akan sangat fokus daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sahabat mau tahu lebih spesifik tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika diulas dengan kata-kata, untuk itu silahkan Anda tonton video dibawah ini.




Sekian tulisan dari aku yang berjudul Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Dan Cara Menggunakannya Terlengkap"

Post a Comment