Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap

Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap yaitu tulisan yang bakal kita bahas saat ini. Silahkan simak informasi lengkap mengenai mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal benda yang satu ini. Alat yang selama ini menemani kita dalam melaksanakan percobaan-percobaan, terutama praktikum biologi. Nah pada tulisan ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan spesifik. Silahkan disimak artikel Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Yang akan kita bahas bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, tetapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan fungsi-fungsinya yang mungkin sampai detik ini Anda belum paham walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk lebih memperjelas pengetahuan sobat, nanti aku juga akan mengasih sebuah gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk menyimak post ini dari awal sampai penutup.

Okay yang pertama yang akan kita jelaskan yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti lebih dari 80% sudah paham. Berikut ini ulasannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap

Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap


Mikroksop adalah suatu alat yang dapat membantu kita melihat benda-benda dengan size} sangat kecil yang sangat sulit dan tidak mungkin kita lihat dengan mata saja.


Contoh simpelnya apabila sobat ingin melihat susunan akar sebuah tanaman, nah kamu mustahil bisa mengamati dengan jelas jika cuman dengan mata secara langsung saja, sahabat membutuhkan suatu alat yaitu mikroskop.


Saat ini ada berbagai jenis mikroskop, tergantung maksud untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta masih banyak lagi. Aku bakal memaparkan dengan spesifik pada tengah tulisan nanti so, monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Jika sahabat yang kurang tahu bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, sobat dapat memerhatikan gambar yang telah aku siapkan.
Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi 2, yakni optik serta nonoptik. Oke jika kamu kepo dan ingin tahu secara jauh lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, berguna untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, gunanya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sahabat mengamati objek, sebelumnya sobat perlu menambahkan minyak emersi ke benda terlebih dahulu supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, berguna untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.

  • Kondensor, gunanya untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memfokuskannya pada objek.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, fungsinya sebagai pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, berguna untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan perbesaran benda objektif yang sahabat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), berguna untuk mengangkat atau menurunkan tabung dengan cepat guna mengatur pusat dari gambaran objek yang sahabat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), memiliki kegunaan untuk menaikkan dan menurunkan tabung dengan lambat untuk mensetting fokus dari gambaran benda yang Anda inginkan.

  • Meja benda, gunanya sebagai tempat untuk menempatkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada dua penghimpit untuk menjepit preparat agar tidak berpindah saat dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika mau diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian dan fungsi mikroskop, selanjutnya kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sobat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenisnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku sampaikan disini pembagian yang sudah umum ya yakni didasari cahaya dan banyaknya lensa. Simak penjelasannya berikut.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering kamu jumpai dan Anda gunakan ketika praktek di sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini bergantung pada sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu agar bisa dioperasikan.


Jika suatu ruangan tempat sahabat mengadakan pengamatan sangat minim cahaya, maka Anda kesulitan untuk dapat mengamati objek bayangan dengan jelas karena cahaya berperan sangat penting dalam kondisi ini. Untuk imagenya sama dengan gambar yang sudah saya tambahkan sebelumnya yang telah saya beri nama-nama bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron




Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi sumber cahaya yang digunakan itu asalnya dari mikroskop itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik ketimbang mikroskop yang saya sebut sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih dalam berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan namanya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan 1 lensa sebagai pembesar. Mikroskop jenis ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. Jenis mikroskop ini cuma bisa dipakai untuk mengamati benda atau objek yang tidak membutuhkan pengamatan secara mendalam, tidak bisa dipakai mengamati objek yang teramat sangat tipis. Untuk gambarnya sama dengan gambar sebelumnya tadi yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler




Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari sebuah objek yang akan diteliti. Jika benda-benda yang ingin dilihat teramat sangat kecil atau makroskopis, mikroskop jenis ini sangat cocok untuk digunakan karena gambar objek yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sahabat ingin tahu lebih lengkap mengenai penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Bagaimana Mikroskop Bekerja


Nah next yang akan kita ulas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika diulas dalam bentuk kata-kata, maka silahkan Anda tonton video berikut.




Itu tadi artikel dari aku mengenai Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Fisika Terlengkap"

Post a Comment