Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap yaitu artikel yang bakal sahabat cari tahu saat ini. Silahkan simak artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal-hal lain. Mikroskop, siapa sih yang tidak kenal alat yang satu ini. Benda yang selama ini menemani kita dalam melakukan praktikum-praktikum, terutama praktikum biologi. Nah di artikel ini kita bakalan belajar tentang mikroskop dengan lengkap. Ayo kita mulai belajar tentang Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap pada blog bagian-bagian mikroskop ini.

Nah yang bakal kita pelajari tidak hanya sebatas apa itu mikroskop saja, tapi kita juga akan belajar macam-macam mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sobat belum tahu walaupun sering mengoperasikannya.

Untuk memperjelas pemahaman sobat, nanti saya juga bakal mengasih 1 gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, jadi jangan lupa untuk menyimak postingan ini dari awal sampai penutup.

Oke yang nomor 1 yang bakalan kita ulas yaitu pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari Anda sudah mengerti apa sih mikroskop itu, aku percaya pasti hampir semua dari sobat sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


Mikroksop ialah sebuah alat yang bisa menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat kedua mata kita.


Contoh simpelnya jika kita ingin mengamati susunan akar sebuah tumbuhan, nah Anda tidak mungkin dapat melihat secara jelas hanya dengan mata telanjang saja, sahabat harus memakai sebuah benda yakni mikroskop.


Sekarang ini ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta masih banyak lagi. Aku bakal menjelaskan secara spesifik pada akhir tulisan nanti jadi silahkan simak hingga selesai.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang belum tahu nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu dapat melihat image yang sudah saya siapkan.

Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


Secara umum, bagian-bagian mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Oke jika kamu penasaran dan ingin mengerti dengan lebih mendetail, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, fungsinya untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu meletakkan mata sahabat untuk mengamati benda.

  • Lensa objektif, gunanya untuk me-zoom bayangan objek. Untuk perbesarannya biasanya 10, 40, atau 100 kali dan biasanya terdiri dari 3 lensa. Sebelum sobat mengamati benda, sebelumnya kamu perlu mengoleskan minyak emersi ke objek sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.

  • Diafragma, fungsinya untuk menyesuaikan banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Fungsinya sama dengan pupil yang ada pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.

  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Bagian-Bagian Non-Optik



  • Lengan mikroskop, memiliki kegunaan untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, gunanya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mensetting perbesaran benda objektif yang sobat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna menyesuaikan pusat dari gambaran objek yang kamu mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk mengangkat serta menurunkan tabung secara lambat guna mengatur pusat dari gambaran benda yang kamu inginkan.

  • Meja benda, gunanya untuk tempat untuk menempatkan preparat serta benda yang akan diamati. Ada dua penjepit untuk menghimpit preparat agar tak berpindah ketika dilakukan pengamatan.

  • Kaki Mikroskop, berguna untuk penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop ketika mau dipindahkan ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian serta kegunaan mikroskop, next kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin belum sahabat pahami.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk macam-macamnya sendiri ada beberapa penggolongan, nah yang akan aku ulas disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu didasari cahaya dan banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah ini dia yang sering sobat temui dan sobat pergunakan saat praktek di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mempergunakan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk dapat dipergunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat kamu mengerjakan praktek tidak ada cahaya, maka Anda akan kesusahan untuk dapat mengamati benda bayangan dengan jelas hal itu karena cahaya mempunyai peran teramat penting dalam hal ini. Untuk gambarnya seperti gambar diatas sebelumnya yang sudah aku tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron



Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap


mikroskop yang ini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop cahaya tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop elektron itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih detail dari mikroskop cahaya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini lebih cocok untuk dipergunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang memerlukan penelitian lebih spesifik berkaitan dengan hal-hal mikroskopis.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan satu lensa pembesar saja. Mikroskop monokuler ini banyak kita jumpai di laboratorim sekolah. mikroskop satu lensa ini hanya dapat digunakan untuk melihat benda atau objek yang tidak spesifik, tak dapat dipakai mengamati objek yang sangat-sangat tipis. Gambar mikroskop satu lensa sama dengan gambar sebelumnya tadi yang sudah aku lengkapi dengan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang dimana keduanya saling menguatkan detail dari suatu objek yang akan diteliti. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan sangat spesifik daripada mempergunakan jenis mikroskop sebelumnya. Jika sahabat ingin tahu lebih lengkap tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena tidak memungkinkan jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan kamu tonton video dibawah ini.




Nah itu dia artikel dari saya tentang Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap, Semoga bermanfaat dan don't forget to visit

0 Response to "Pengertian Mikroskop Fase Kontras Terlengkap"

Post a Comment