Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap

Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap yaitu artikel yang akan sobat pelajari pada kesempatan ini. Silahkan baca artikel lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan hal penting lainnya. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham benda yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam melakukan praktek-praktek, terutama praktek biologi. Nah di artikel ini kita bakalan belajar mengenai mikroskop dengan spesifik. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap pada blog rivernend ini.

Yang akan kita ulas tidak hanya sebatas pengertiannya saja, tapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin hingga kini sobat belum mengerti walaupun sering memakainya.

Untuk lebih mendetailkan pemahaman sobat, nanti saya juga akan menyediakan sebuah gambar mikroskop beserta nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk membaca artikel ini dari pertama hingga penutup.

Oke yang nomor 1 yang akan kita bahas ialah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin sebagian dari sobat sudah mengerti pengertian mikroskop itu, aku yakin pasti hampir semua dari sobat sudah mengerti. Silahkan simak penjelasannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap

Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap


Mikroksop ialah suatu alat yang dapat membantu kita melihat benda-benda dengan ukuran} sangat kecil yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang.


Contoh singkatnya jika kita ingin melihat susunan daun suatu tanaman, nah sahabat tidak mungkin bisa melihat secara jelas jika cuman dengan mata telanjang saja, Anda harus menggunakan sebuah benda yakni mikroskop.


Saat ini ada berbagai jenis mikroskop, semuanya didasarkan pada tujuan penggunaannya. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron dan masih banyak lagi. Aku akan mengulas secara jauh complicated lagi pada akhir postingan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.


Gambar Bagian-Bagian Mikroskop

Bagi yang kurang tahu nama bagian-bagian yang terdapat di Mikroskop, kamu dapat melihat gambar berikut.
Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap


Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dipecah menjadi dua, yakni optik serta nonoptik. Ok jika sobat penasaran dan ingin paham dengan jauh lebih spesifik, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik dan nonoptik.

⏩ Part-Part Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk me-zoom kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah kamu meletakkan mata sahabat untuk mengamati objek.

  • Lensa objektif, berguna untuk memperbesar bayangan benda. Untuk perbesarannya sendiri 10, 40, atau 100 kali dan umumnya terdiri dari 3 lensa. Sebelum kamu mengamati benda, sebelumnya kamu sangat diharuskan mengoleskan minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang dihasilkan lebih jelas.

  • Diafragma, memiliki kegunaan untuk menyesuaikan intensitas cahaya yang masuk. Fungsinya mirip dengan pupil yang terdapat pada mata manusia.

  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya pada objek.

  • Cermin, gunanya untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.


⏩ Part-Part Non-Optik



  • Lengan mikroskop, gunanya sebagai pegangan untuk mengangkat mikroskop ke tempat lain.

  • Tabung mikroskop, fungsinya untuk menyatukan antara lengan okuler dengan lensa objektif.

  • Revolver, memiliki kegunaan untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sahabat mau.

  • Makrometer (pemutar kasar), memiliki kegunaan untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat guna mengatur pusat dari gambaran objek yang sobat mau.

  • Mikrometer (pemutar halus), gunanya untuk mengangkat serta menurunkan tabung secara lambat untuk mengatur pusat dari gambaran objek yang Anda inginkan.

  • Meja benda, memiliki kegunaan sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan dilihat dengan mikroskop. Ada 2 penjepit untuk menghimpit preparat supaya tak bergeser ketika diamati.

  • Kaki Mikroskop, memiliki kegunaan sebagai penyangga serta bagian untuk memegang mikroskop saat ingin diangkat ke tempat lain.


Oke, itu tadi bagian-bagian dan kegunaan mikroskop, next kita cari tahu macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sobat ketahui.



Jenis-Jenis Mikroskop


Untuk jenis-jenisnya sendiri terdapat beberapa pembagian, nah yang akan saya sampaikan disini pembagian yang sifatnya umum ya yaitu berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut penjelasannya.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya


#1. Mikroskop Cahaya


Nah mikroskop jenis ini yang sering Anda temui dan sobat gunakan saat praktikum di lab sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini menggunakan sumber cahaya baik dari cahaya matahari ataupun cahaya lampu agar dapat dipergunakan.


Jika didalam sebuah lab atau ruangan tempat sobat mengerjakan pengamatan sedikit sekali cahaya, maka kamu kesulitan untuk bisa mengamati benda bayangan secara jelas hal itu karena cahaya mempunyai peran amat penting dalam keadaan ini. Untuk gambarnya sama dengan gambar diatas tadi yang telah saya beri nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Elektron





Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap


Mikroskop jenis seperti ini dapat dipahami sebagai hasil pengembangan dari mikroskop yang dulu tadi. So, penggunaan sumber cahayanya itu asalnya dari mikroskop elektron itu sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun jauh lebih baik daripada mikroskop sebelumnya, maka dari itu wajar jika mikroskop ini banyak digunakan di laboratorium medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.


⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa


#1. Mikroskop Monokuler


Senada dengan pemberian namanya, mikroskop jenis ini mempergunakan 1 lensa pembesar saja. Mikroskop ini dengan mudah kita temui di laboratorim sekolah. mikroskop satu lensa ini cuma bisa dipakai untuk melihat benda atau objek yang simpel, tak dapat digunakan mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.


#2. Mikroskop Binokuler



Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap

Mikroskop binokuler mempunyai 2 lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat detail dari suatu objek yang akan dilihat dengan mikroskop ini. Untuk benda-benda sangat kecil atau makroskopis, mikroskop binokuler pilihan yang cocok untuk dipakai karena hasil fokus benda yang dihasilkan akan jauh lebih jelas dan detail daripada menggunakan mikroskop monokuler. Jika sobat mau tahu lebih jelas lagi mengenai pembagian jenis-jenis mikroskop ini, silahkan Anda kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.


Cara Kerja Mikroskop


Nah selanjutnya yang akan kita pelajari ialah cara kerja mikroskop yang benar. Karena kurang efektif jika dijelaskan dengan kata-kata, maka silahkan sobat simak video berikut.




Itu tadi artikel dari saya mengenai Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap, Semoga berguna dan don't forget to visit

0 Response to "Bagian-Bagian Alat Optik Mikroskop Terlengkap"

Post a Comment