Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap merupakan tulisan yang akan kita ulas saat ini. Silahkan simak informasi lengkap seputar mikroskop, bagian-bagiannya dan masih banyak lagi. Mikroskop, siapa sih yang tidak paham alat yang satu ini. Benda yang mungkin hingga kini menemani kita dalam menjalankan praktikum-praktikum, terutama praktek biologi. Nah pada tulisan ini kita akan mengulas tentang mikroskop secara lengkap. Ayo monggo diperhatikan dengan seksama artikel Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap pada blog jenis-jenis mikroskop ini.

Nah yang bakal kita cari tahu bukan cuma sebatas "mikroskop adalah" saja, tapi kita juga akan mencari tahu jenis-jenis mikroskop dan kegunaannya yang mungkin selama ini kamu belum paham meskipun sering mempergunakannya.

Untuk memperjelas pemahaman Anda, nanti aku juga bakal mencantumkan satu gambar mikroskop dan juga nama-nama bagiannya, so, jangan lupa untuk membaca post ini dari pertama sampai penutup.

Ok yang kesatu yang akan kita jelaskan adalah pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mungkin kebanyakan dari kamu sudah mengerti penjelasan mikroskop itu, saya percaya pasti lebih dari 80% sudah tahu. Berikut ini pengertiannya. Jangan lupa kunjungi juga Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Mikroksop adalah suatu alat yang dapat menolong kita melihat benda-benda berukuran} sangat kecil yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang.

Contoh simpelnya apabila sobat mau mengamati struktur akar suatu tumbuhan, nah sahabat tidak mungkin bisa melihat secara jelas cuma mempergunakan mata secara langsung saja, sahabat harus memakai suatu alat yakni mikroskop.

Ada berbagai macam mikroskop, disesuaikan dengan tujuan untuk apa alat ini digunakan. Ada mikroskop cahaya, mikroskop monokuler, mikroskop elektron serta mikroskop lain. Saya bakal membahas secara spesifik pada akhir postingan nanti jadi monggo diperhatikan sampai akhir.

Gambar Bagian-Bagian Mikroskop


Bagi yang belum mengerti nama bagian-bagian yang ada di Mikroskop, sahabat bisa cek image yang sudah aku sediakan.

Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Secara garis besar, bagian-bagian mikroskop dibedakan menjadi dua, yaitu optik dan nonoptik. Baik, jika Anda penasaran dan ingin paham dengan lebih lengkap, berikut ini kegunaan bagian-bagian dari mikroskop optik serta nonoptik.

⏩ Bagian-Bagian Optik

  • Lensa okuler, memiliki kegunaan untuk memperbesar kembali bayangan dari lensa objektif. Ukuran perbesarannya biasanya 6, 10, atau 12 kali. Disinilah Anda meletakkan mata Anda untuk mengamati objek.
  • Lensa objektif, fungsinya untuk memperbesar bayangan objek. Untuk perbesarannya pada umumnya sekitar 10, 40, atau 100 kali dan umumnya ada 3 lensa. Sebelum kamu mengamati objek, sebelumnya Anda sangat di rekomendasikan untuk memberi minyak emersi ke benda sebelumnya, supaya nantinya bayangan yang terlihat nanti lebih jelas.
  • Diafragma, berguna untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Kegunaannya mirip dengan pupil yang ada pada mata kita.
  • Kondensor, memiliki kegunaan untuk mengumpulkan cahaya yang dipantulkan dari cermin dan memusatkannya dibenda.
  • Cermin, berguna untuk memantulkan cahaya luar menuju ke bagian kondensor dan diafragma.
⏩ Bagian-Bagian Non-Optik
  • Lengan mikroskop, gunanya untuk pegangan untuk memindahkan mikroskop ke tempat lain.
  • Tabung mikroskop, memiliki kegunaan untuk menghubungkan antara lengan okuler dengan lensa objektif.
  • Revolver, fungsinya untuk mengatur perbesaran benda objektif yang sahabat mau.
  • Makrometer (pemutar kasar), fungsinya untuk mengangkat atau menurunkan tabung secara cepat untuk mensetting fokus dari gambaran objek yang kamu inginkan.
  • Mikrometer (pemutar halus), fungsinya untuk menaikkan serta menurunkan tabung secara lambat guna mensetting fokus dari gambaran benda yang sobat mau.
  • Meja benda, memiliki kegunaan sebagai tempat untuk meletakkan preparat dan benda yang akan diamati. Terdapat dua penghimpit untuk menjepit preparat supaya tak bergeser ketika dilakukan pengamatan.
  • Kaki Mikroskop, gunanya untuk penyangga serta tempat untuk memegang mikroskop ketika mau dipindahkan ke tempat lain.
Oke, itu dia bagian-bagian serta fungsi mikroskop, selanjutnya kita simak macam-macam jenis mikroskop yang mungkin tidak sobat pahami.

Jenis-Jenis Mikroskop

Untuk macamnya sendiri ada beberapa pembagian, nah yang akan aku bahas disini pembagian yang sudah umum ya yakni berdasarkan cahaya serta banyaknya lensa. Berikut ulasannya.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Sumber Cahaya

#1. Mikroskop Cahaya

Nah inilah yang sering Anda temui dan sahabat pakai saat praktek di laboratorium sekolah. Seperti namanya, mikroskop ini mengandalkan sumber cahaya baik itu cahaya matahari atau cahaya lampu untuk bisa digunakan.

Jika suatu sebuah lab atau ruangan tempat sahabat melakukan praktikum kurang cahaya, maka sahabat kesulitan untuk dapat mengamati objek bayangan secara jelas karena cahaya mempunyai peran teramat penting dalam keadaan ini. Untuk imagenya seperti gambar yang sudah saya tambahkan tadi yang telah saya tambahkan nama bagian-bagiannya.

#2. Mikroskop Elektron


Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Mikroskop elektron dapat disebut sebagai hasil inovasi dari mikroskop yang aku jelaskan tadi. Jadi, sumber cahaya yang dipergunakan itu asalnya dari mikroskop elektron ini sendiri. Hasil bayangan yang dimunculkan pun sangat lebih baik daripada mikroskop cahaya yang saya paparkan diatas tadi, untuk itulah mengapa mikroskop ini banyak digunakan diinstansi-instansi penting seperti medis, farmasi, atau tempat lain yang membutuhkan riset lebih lengkap berhubungan dengan objek-objek kecil tak kasat mata.

⏩ Macam-Macam Mikroskop Berdasarkan Jumlah Lensa

#1. Mikroskop Monokuler

Sama dengan penamaannya, mikroskop monokuler ini dibekali dengan 1 lensa untuk pembesaran saja. Mikroskop ini dengan gampang kita temukan di lab-lab sekolah. Jenis mikroskop ini hanya dapat digunakan untuk mengamati benda atau objek yang sederhana, tidak memungkinkan untuk digunakan mengamati benda yang cukup tipis. Gambar dari mikroskop monokuler seperti gambar diatas tadi yang telah aku lengkapi dengan nama-nama bagiannya.

#2. Mikroskop Binokuler
Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap

Mikroskop binokuler memiliki 2 lensa pembesar yang mana ke-2 nya saling memperkuat fokus dari suatu objek yang sedang dilihat dengan mikroskop ini. Jika objek-objek yang diamati cukup kecil atau makroskopis, mikroskop dua lensa ini sangat cocok untuk dipakai karena hasil penampakan gambar akan sangat fokus ketimbang jika memakai mikroskop satu lenda tadi. Jika Anda ingin tahu lebih jelas lagi tentang penggolongan jenis-jenis mikroskop ini, silahkan kamu kunjungi link berikut ini Jenis-Jenis Mikroskop.

Cara Kerja Mikroskop

Nah selanjutnya yang akan kita bahas adalah cara kerja mikroskop yang benar. Karena akan kurang jelas jika dijabarkan dengan kata-kata, maka silahkan Anda tonton video dibawah ini.


Itu tadi tulisan dari saya tentang Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap, Semoga berguna dan jangan lupa untuk kunjungi

0 Response to "Bagian-Bagian Mikroskop Beserta Penjelasannya Terlengkap"

Post a Comment